Tips Membersihkan Barang-barang Antik

shares

Membersihkan barang antik. (Boldsky.com)
Barang-barang antik mempunyai momen yang tidak akan terlupakan, bagi siapapun yang memilikinya. Dan tidak sedikit pula, mereka yang mengkoleksi barang-barang antik, mulai dari cincin, jam tangan, hingga alat-alat rumah tangga.

Sehingga untuk merawatnya membutuhkan perhatian khusus, terlebih jika barang-barang tersebut merupakan peninggalan orang-orang yang kita cintai. Kita akan enggan untuk menjualnya, berapapun harganya.

Namun barang antik yang tidak terawar dengan baik akan diselimuti debu dan karat, yang jika dibiarkan akan merusak barang tersebut.

Untuk membersihkan barang-barang antik, harus dilakukan secara berhati-hati. Jangan sampai merusak barang-barang tersebut. Dikutip dairi situs Boldsky, berikut cara-cara yang bisa dilakukan membersihkan barang antik:

Gunakan sikat lembut
sikat yang lembut selain membersihkan debu, juga akan menghilangkan kotoran yang melekat dan sulit dihilangkan. Sikat gigi juga bagus untuk membersihkan barang-barang antik.

Air
Air hangat adalah pembersih terbaik dan lembut. Lakukan pencucian sewaktu-waktu, terutama untuk perhiasan, barang berbahan jayu, kain sutra atau pun pakaian.

Cuka putih
Cuka bagus untuk membersihkan barang seperti yang terbuat dari kaca, namun jangan pernah memberihkan bagian belakang cermin dengan cuka.

Campuran garam dan cuka
campuran pembersih ini sangat cocok untuk membersihkan barang berbahan kuningan dan tembaga. Campurkan satu sendok garam dengan tepung, dan satu sendok cuka dalam segelas air panas, dan aduk hingga menjadi pasta. Lakukan pembersihan dengan bahan ini selama kurang dari 1 jam.

Baking soda dan air
Jika perhiasan emas yang Anda pakai tidak ada batunya, campuran ammonia dan air hangat sangat cocok untuk kembali mengkilapkan perhiasan yang Anda pakai. Namun jika perhiasan dari perak, gunakan baking soda dan air.

Beeswax
Bahan ini sangat bagus untuk membersihkan furniture dalam rumah. Namun penggunaanya jangan terlalu banyak dan berlebihan. Gunakan bahan ini hanya satu tahun satu kali. Jangan gunakan minyak lemon untuk membersihkan furniture Anda.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar