Makna Kotoran Sapi Bagi Masyarakat India

shares

Kotoran sapi.
Jutaan umat Hindu di India memuja dan menyembah sapi. Hewan ini dianggap suci bagi mereka. Dari Ibu hingga Dewi, sapi memiliki makna khusus. Karena hewan ini menyediakan susu untuk menopang kehidupan.

Sapi berada dalam posisi teratas yang disebutkan dalam Purana dan cerita mitos. Ada juga sapi putih yang selalu mengiringi Khrisna. Ia adalah penggembala yang menjadi dewa, sehingga sapi dianggap suci.

Tapi bukan hanya hewannya saja, kotoran sapi pun memiliki makna khusus bagi umat Hindu. Sapi yang notabene hewan herbivora, membuat kotorannya dapat diterima. Bahkan, kotoran sapi kering sering digunakan untuk beragam macam ritual.

Kotoran sapi yang telah dikeringkan digunakan dalam ritual yagnas, yang dibakar guna memurnikan rumah dari roh-roh jahat. Dalam penelitian ilmiah, kotoran sapi memiliki anti-polutan dan anti-radiasi, sehingga akan menjaga kualitas lingkungan.

Kotoran sapi juga digunakan dalam ibadah Govardhan Puja, hal ini dilakukan sebagai pemujaan terhadap Dewa Khrisna. Dan dilakukan oleh wanita yang telah menikah.

Ada juga kotoran sapi yang dibentuk bulat, lalu dibakar dalam perayaan Holika. Hewan sapi memang banyak digunakan dalam beragam ritual di India, tak luput juga, di daerah Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Desa Sade Rambitan, kotoran sapi segar juga digunakan untuk membersihkan rumah. Di mana dalam waktu tertentu, rumah dibilas oleh kotoran sapi.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar