Rumah Ini Terbuat dari Rumput Laut

shares

Tanghus, rumah modern dari rumput laut.
Sebuah pulau kecil di Denmark, memiliki musim yang sangat sempurna. DI mana saat musim semi, cuacanya sangat cerah dan panas. Pulau ini dulu merupakan produsen garam yang cukup terkenal, namun perubahan cuaca pada abad ke-17 merubahnya.

Pada awal tahun 1900-an, di sini terdapat banyak sekali rumput laut. Dan akhirnya, penduduk setempat mengolahnya menjadi salah satu sumber bahan bangunan. Namun karena kurang ekonomis, rumah rumput laut pun tidak berkembang.

Tapi pada tahun 2012, seorang arsitek bernama Vandkunsten, membuat konsep rumah modern yang disebut Tanghus. Alih-alih menutup atap dengan gentang, ia memakai rumput laut yang dikeringkan dan diproses sedemikian rupa. Demikian pun pada sebagian dindingnya, ia balut dengan rumput laut.


Rumah Tanghus.
Tujuannya adalah untuk membuat rumah lebih efisien dan hemat energi, serta untuk membantu mengurangi pemanasan global.

"Konsumsi energi sangat rendah, dan penggunaan bahan baku lokal berarti mengurangi jejak karbon negatif," ucap Vandkusten.

Pembangunan rumah ini merupakan proyek dari pelestarian Reakdania Byg. Rumah dari bahan rumput laut ini, awalnya ada sejak tahun 1865, dan di kembali dibangun dengan gaya modern tahun 2012.


Foto: weather.com
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar