Waspadai 5 Gejala Prediabetes

shares

Diabetes. (sumber: Boldsky)
Pernah mendengar prediabetes? Atau Anda bertanya-tanya apa itu? Itu adalah kondisi di mana level gula darah Anda meningkat dari biasanya, walaupun belum termasuk kategori diabetes. Saat itu, tubuh kita tidak mampu mengatur kadar gula dalam darah.

Itulah kenapa kadar gula darah meningkat dari biasanya. Kondisi prediabetes ini kini kian meningkat dari waktu ke waktu, hampir di seluruh negara, dan ini menjadi masalah serius. Dan sangat disayangkan, banyak orang yang tidak peduli dengan masalah ini.

Prediabetes ini memang tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga banyak orang yang tidak peduli. Seperti halnya kanker, mendeteksi lebih awal bisa membebaskan Anda dari penyakit diabetes. Dan ini sangat penting, sebelum gula darah tidak terkontrol.

Lalu bagaimana mendeteksi prediabets ini? Berikut 5 tanda yang menandakan Anda bisa terkena prediabetes seperti yang kami lansir dari Boldsky:

1. Termasuk grup yang berisiko
Di antaranya, dalam keluarga ada yang mempunyai atau terkena diabetes, dan berumur di atas 45 tahun. Tidak ada salahnya kita selalu memeriksakan diri mengukur kadar gula darah.

2. Mengecek tubuh
Jika Anda mengalami obesitas, maka perlu waspada akan prediabetes. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan banyak penyakit, karena kemampuan tubuh untuk bermetabolisme menjadi berkurang.

3. Ada gejala seperti diabetes
Prediabetes memang tidak mempunyai gejala seperti diabetes, namun bisa menyerupainya, seperti haus, dan peningkatan buang air kecil. Mungkin tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes kadar gula darah.

4. Periksa kulit
Jika ada bercak-bercak hitam pada kulit Anda, maka Anda perlu waspada, namun jangan panik. Menghubungi dokter kulit bisa menjadi solusinya, karena ditakutkan ada gangguan acanthosis nigricans. Bercak ini biasanya ada pada lipatan kulit, dan ini salah satu tanda prediabates.

5. Kurang tidur
Sulit tidur bisa jadi salah satu tanda Anda memiliki gejala prediabetes, umumnya mereka tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Memang tidak masuk akal, tapi tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri.

Anda bisa saja menderita prediabetes, tanpa menunjukkan gejala awal. Alangkah bijaknya jika Anda memeriksakan diri secara rutin kadar gula darah Anda. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar