14 Manfaat Super dari Mentimun

shares

Mentimun. (Fitnea)
Siapa yang tidak kenal mentimun? Sayuran yang satu ini mudah ditemukan di mana-mana, dan termasuk sayuran nomor empat paling banyak dibudidayakan di dunia. Selain dikonsumsi secara langsung, banyak masakan di Indonesia yang berasal dari sayuran ini.

Selain untuk menghilangkan lapar dan haus, mentimun menyimpan segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan air yang mencakup 90 persen dari bobotnya, sangat bagus dinikmati saat haus melanda.

Lalu apa saja manfaat lainnya dari mentimun ini? Dikutip dari situs Fitnea, berikut 14 manfaat super dari mentimun yang harus Anda ketahui:

1. Menghilangkan dehidrasi. Saat Anda terlalu sibuk untuk minum air, atau saat haus, mentimun dingin sangat baik dikonsumsi, karena kandungan airnya mencakup 90 persen.

2. Menghilangkan panas dari dalam. Mengonsumsi mentimun sangat baik saat cuaca panas, karena mampu menurunkan suhu tubuh dari dalam.

3. Menghilangkan racun. Semua cairan dalam mentimun mampu melarutkan racun dalam tubuh. Bahkan mampu mengikis batu ginjal.

4. Sumber vitamin. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, B dan C yang cukup. Kandungan tersebut terutama terdapat dalam kulitnya.

5. Sahabat bagi kulit. Kandungan kalium, magnesium dan silikon dalam mentimun, sangat baik untuk merawat kulit. Sehingga banyak digunakan dalam perawatan kulit.

6. membantu pencernaan dan penurunan berat badan. Mentimun sangat rendah kalori, dan merupakan sumber mineral yang ideal. Perbanyak makan mentimun juga mampu mengatasi sembelit.

7. Menyahatkan mata. Mengompres mata dengan mentimun merupakan cara yang bagus untuk kembali membuat mata kita segar, karena mempunyai sifat anti inflamasi.

8. Anti kanker. Mentimun diketahui mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol. Ketiga zat tersebut memiliki hubungan yang kuat dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk ovarium, payudara, prostat dan kanker rahim.

9. Mengatasi diabetes. Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, yang tersebar luas untuk menjadi bermanfaat bagi pasien diabetes.

10. Menyegarkan mulut. Mentimun menyembuhkan jus dan menyegarkan gusi yang sakit. Senyawa phytochemcials akan membunuh bakteri di mulut, yang bertanggung jawab terhadap bau.

11. Menghaluskan rambut dan kuku. Keajaiban Silica mineral dalam mentimun membuat rambut dan kuku bersinar dan lebih kuat.

12. Menyehatkan sendi. Mentimun mampu memperkuat jaringan ikat.

13. Menghilangkan sakit kepala. Untuk menghindari sakit kepala pagi atau mabuk, Anda dapat makan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Kandungan vitamin B yang cukup, gula dan elektrolit mampu mengurangi sakit kepala.

14. Membuat bentuk ginjal sempurna.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar