Anjing dan Kucing Punya Indera Keenam

shares

Kucing. (sumber)
Kucing dan anjing adalah hewan peliharaan yang sangat akrab dengan manusia. Bahkan kedua hewan ini telah menjadi legenda pada zaman dahulu, bahkan di mesir, kucing telah menjadi hewan yang sangat suci.

Kedua hewan ini terkadang terlihat ketakutan tanpa sebab, yang kita sebagai manusia tidak mengetahuinya. Hal tersebut sering dikaitkan dengan indera keenam yang dimiliki kedua binatang tersebut.

Tapi kini ilmuwan bisa menjelaskan perilaku tersebut, keduanya memiliki penglihatan ultraviolet. Sehingga mereka bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Bahkan tidak setiap mamalia memiliki mata seperti kucing dan anjing. Maka tidak heran, jika kedua binatang ini sangat baik melihat walaupun dalam keadaan gelap sama sekali.

"Tidak ada yang pernah berpikir jika kedua hewan ini mampu melihat dalam cahaya ultraviolet, namun pada kenyataannya mereka melakukannya," ucap Ron Douglas, seorang ahli biologi di Universitas London, kepada Livescience.

Para ahli yakin, jika penglihatan tersebut ditujukan untuk menangkap mangsa di alam liar, sehingga kemampuan itu ada seiring dengan evolusi kedua binatang itu.

Beberapa hewan yang memiliki kemampuan melihat dalam cahaya ultraviolet, memang mengkhususkan diri untuk bisa melihat pada malam hari. Di mana cahaya yang lain sangat minim. Dan itu merupakan keuntungan bagi hewan untuk bertahan di muka bumi.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar