Ikan Salmon Terbukti Memiliki GPS Alami

shares

Ikan salmon remaja. (Sumber)
Penyu seperti kita kenal merupakan hewan yang mampu kembali ke tempat awal ia bertelur, setelah bertahun-tahun menjelajah lautan. Kemampuan tersebut sudah ada sejak pertama kali ia menetas, dan hal ini sering disebut sebagai "GPS" alami.

Tapi bukan hanya penyu saja yang memiliki kemampuan seperti itu, ada juga ikan yang mampu kembali setelah bertahun-tahun mencari makanan di laut, untuk kembali bertelur dan tepat di mana ia ditetaskan. Ikan tersebut adalah salmon.

Saat menginjak remaja, ikan salmon yang telah menjelajahi laut Pasifik, akan kembali ke air tawar di mana ia ditetaskan. Hal ini dikaitkan juga dengan kemampuannya bergerak sesuai dengan medan magnet.

"Sebelum ikan turun ke laut, mereka memiliki informasi tentang bagaimana mereka kembali ke tempat asal," kata Nathan Putman, Ph.D dari Universitas Oregon dikutip dari Weather.

Untuk mengetahui hal tersebut, Putman bersama rekannya mengidentifikasikan rute yang dilalui ikan. Dan juga membandingkan data medan megnet sebagai kuncinya. Penelitian ini untuk mengetahui, di mana ikan itu berada selama berada di lautan untuk membesarkan diri mencari makan.

"Salmon remaja memiliki kematian tertinggi selama periode mereka masuk ke laut. Sering kali mereka mengambil jalan yang salah, sehingga mereka kelaparan," tambahnya.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar