Ilmuwan: Tahun 2014 Bisa Menjadi Musim Terpanas

shares

Perkiraan pola cuaca bumi tahun 2014. (sumber)
Tahun 2014 bisa jadi tahun paling panas. Sekitar 75 persen ilmuwan percaya, bahwa rekor terpanas akan tercatat tahun ini. Bukan tanpa bukti, pola cuaca El Nino terlihat siap menerjang sebagian besar negara, hal tersebut terlihat dari pola di atmosfer.


Saat ini perairan Pasifik terlihat sangat hangat. Hal ini akan mengubah aliran angin dari laut ke seluruh dunia, dan medatangkan malapetaka bagi iklim Bumi. Mereka berharap hal ini bisa menjadi peringatan dini bagi setiap negara.

Awalnya para ilmuwan ini akan meneliti suhu air si dekitar Pasifik timur, namun mereka melihat pola cuaca yang sangat berbeda, di mana suhu di sekitar laut tersebut terus menghangat. Walaupun hal ini tergantung kepada arah mata angin yang membawa aliran udara panas tersebut.

"Risiko peristiwa El Nino pada paruh kedua tahun 2014 telah meningkat. Walaupun hal itu tidak menjamin apa yang akan terjadi nanti," kata Andrew Watkins, Pengawas Prediksi Iklim di Australia.

Ilmuwan memperingatkan bahwa akan banyak negara yang dilanda kekeringan, kebakaran hutan, dan kekurangan makanan. Jadi studi ini ini sangat penting untuk mempersiapkan masyarakat di kondisi yang ekstrem nantinya.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar