Hidung Manusia Mampu Mencium 1 Triliun Aroma

shares

Hidung.
Selama hampir satu abad, ilmuwan berasumsi bahwa hidung manusia mampu membedakan sekitar 10.000 bau yang berbeda. Ternyata, jumlah salah, penelitian baru menunjukkan bahwa, hidung manusia dapat mendeteksi lebih dari 1 triliun aroma yang berbeda.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Science, Howard Hughes Medical Institute Leslie Vosshall dan rekannya menyebutkan penelitian pada tahun 1920 itu, tidak didasarkan pada ilmu apapun.

"Secara obyektif, semua orang seharusnya tahu bahwa 10.000 jumlah harus salah," kata Vosshall.

Dengan mempertimbangkan bahwa, mata manusia bisa melihat 10 juta warna yang berbeda, dengan hanya menggunakan tiga jenis reseptor cahaya. Sedangkan hidung manusia, memiliki 400 jenis reseptor yang berbeda. Jelas, kemampuan mencium bau lebih banyak.

Penelitian tersebut dimulai dengan 128 molekul bau yang unik, terhadap 264 sukarelawan. Dan setiap orang mencium aroma yang berbeda, walaupun itu dengan molekul yang sama.

Sehingga perkiraan satu triliun bau pun masih sangat kecil dari perkiraan mereka, bahkan manusia bisa mencium bau lebih banyak lagi dan beragam lagi.


Sumber: Gizmodo
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar