Inilah Drone yang Akan Memetakan Bawah Laut

shares

Drone yang akan memetakan lautan.
Sebanyak 16 kapal selam tidak berawak (drone) akan menjelajahi lautan di dunia, sebagai proyek penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rutgers, New Jersey. Tujuannya untuk mengukur arus laut, suhu dan salinitas.

Masing-masing drone mempunyai panjang sekitar 2,2 meter, dan menggunakan energi daya apung, untuk mendorongnya. Kecepatan yang mampu dijelajahi drone ini adalah 35 kilometer per hari.

Tingkat fitoplankton juga akan dimonitor, menggunakan sistem optik yang terintegrasi. Data yang didapatkan oleh drone akan ditransmisikan ke jaringan telekomunikasi yang ada, saat menjelajahi lautan.

"Kesehatan laut kita adalah indikator sehatnya planet Bumi, misi ini akan mengevaluasi kondisi lautan kita saat ini," kata David Wigglesworth, presiden dan general manajer dari Iridium yang kami kutip dari Telegraph.

Penelitian mengenai lautan memang masih sangat minim saat ini, oleh sebab itu dibutuhkan teknologi mutakhir guna melihat seberapa penting peran lautan bagi ekosistem Bumi.

Proyek ini akan dilangsungkan hingga tahun 2016, di mana masing-masing drone yang telah disiapkan mampu menempuh perjalanan antara 6.000 hingga 8.000 kilometer di laut.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar