Inilah Rekor Dunia Menyusun Rubik dengan Waktu 3,253 detik

shares

Cubestormer 3 yang diotaki Samsung Galaxy S4.
Permainan rubik selalu dikaitkan dengan kecerdasan otak. Permainan menyusun warna dari sebuah kotak ini, telah banyak dilakukan pemecahan rekornya. Di mana rekor tercepat menyusun warna, dilakukan oleh sebuah robot.

Robot yang diberi nama Cubestormer 3, berhasil mencatatkan waktu tercepat menyusun rubik di Guinness World Record, dengan catatan waktu 3,253 detik. Di mana catatan rekor sebelumnya dicatatkan oleh robot juga yaitu Cubestormer 2 dengan waktu 5,27 detik.

Cubestormer 3 dibuat oleh insinyur David Gilday dan Mike Dobson selama 18 bulan, mereka berdua bekerja di perusahaan teknologi ARMMobile.

Yang membuatnya hebat lagi, mesin ini diotaki oleh Samsung Galaxy S4, untuk menganalisa dan menginstruksikan susunan warna dalam rubik yang telah diacak.

Acara pemecahan rekor ini sendiri merupakan bagian dari acara "The Big Bang Fair", yaitu acara yang memfokuskan kepada pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika tahunan yang ditujukan pada anak usia 7-19 tahun.

Sekitar 65.000 anak hadir di acara tersebut, dan acara ini diharapkan bisa menginspirasi mereka untuk mengejar karir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rubik sendiri diciptakan pada tahun 1974 oleh pematung dari Hungaria dan profesor arsitektur Erno Rubik. Sedangkan waktu tersepat manusia menyusun rubik adalah 5,55 detik, yang dilakukan oleh Mats Valk dari Belanda, pada Maret tahun lalu. Dan untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan dibuat oleh Feliks Zemdegs dengan catatan waktu 9,03 detik.

Ada juga catatan waktu penyusunan rubik oleh kaki, yang dibuat oleh Fakhri Raihaan dengan catatan waktu 27,93 detik.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar