Mangkuk dari Dinasti Ming Terjual Seharga Rp407 Miliar

shares

Mangkuk dari era Dinasti Ming.
Dalam sebuah lelang di rumah lelang Sotheby, sebuah mangkuk berhasil terjual dengan harga US$36,05 juta atau sekitar Rp407 miliar. Pembeli yang rela menghabiskan uangnya untuk mangkuk tersebut adalah kolektor seni dari Shanghai, Liu Yiqian.


Sebelumnya, rekor di rumah lelang ini adalah US$32,4 juta atau sekitar Rp366 miliar untuk barang yang sama sekitar tahun 2010. Mangkuk tersebut berukuran cukup kecil, dan digunakan biasanya untuk menuangkan minuman yang dihiasai gambar ayam sekelilingnya.

Mangkuk yang berumur lebih dari 500 tahun tersebut, adalah satu dari 17 koleksi yang tersebar di seluruh dunia, dan sebagian besar terdapat di ruang museum. Dekorasi mangkuk tersebut menampilkan dua ayam jantan, ayam yang sedang merawat anak-anaknya.

Selain itu, pada zaman kekaisaran Ming, mangkuk tersebut selalu dicari oleh kaisar. Dan pada abad ke 17, disebut-sebut sebagai objek paling mahal yang dibeli dengan uang.

Liu sendiri merupakan salah satu orang super kaya di daratan China, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$900 juta. Dan ia termasuk ke dalam orang yang tidak peduli dengan uang, asalkan koleksi yang ia inginkan bisa didapatkannya.

Liu percaya, jika suatu saat harga mangkuk tersebut bisa lebih mahal lagi, mengingat mangkuk tersebut tidak pernah rusak dan terawat dengan baik.

CNN
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar