Angin Berkecepatan 5.000 Km/s Terlihat di Galaksi NGC 5548

shares

Ledakan galaksi yang sedang meredup.
Sebuah galaksi yang sedang mengalami peredupan terlihat oleh peneliti. Galaksi spiral yang yang jaraknya 245 juta tahun cahaya itu, kehilangan banyak sekali radiasi sinar X, karena angin yang super kencang.

Angin kencang ini mengelilingi sebuah lubang hitam, dengan kecepatan lima kali dari kecepatan yang diperkirakan. Awalnya astronom memperkirakan kecepatan angin adalah 1.000 kilometer per detik, namun dugaan itu salah.

Pengamatan yang dilakukan di inti galaksi NGC 5548 itu, astronom menemukan angin yang mempunyai kecepatan hingga 5.000 kilometer per detik. Dan penemuanini memberikan pemahaman tentang interaksi galaksi yang meredup dengan lubang hitam, di inti galaksi tersebut.

Angin yang luar biasa cepat itu, merupakan hasil radiasi sinar ultraviolet. Di mana awalnya kumpulan gas jatuh ke lubang hitam, lalu meledak sangat kuat dan menghasilkan angin yang super cepat.

Angin kencang ini diperkirakan mempunyai peran penting, dalam terbentuknya komponen sebuah tata surya, seperti planet dan mataharinya.

Tapi dengan adanya angin ini, peneliti mempunyai wawasan baru, bagaimana lbang hitam supermasif berinteraksi dengan  alaksi tempat mereka berada.

Sumber
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar