Kumaris, Gadis yang Dipuja Sebagai Dewi di Nepal

shares

Seorang Kumaris yang sedang berdiam di kuil.
Sebagian masyarakat dunia masih menyembah Dewa atau Dewi, sebagai simbol spiritual. Dan biasanya mereka menyembah dalam bentuk patung, baik yang terbuat dari batu, logam, hingga kayu.

Tetapi berbeda dengan tradisi yang ada di Nepal. Mereka menyembah Kumaris--dalam bahasa Nepal artinya perawan, yang dipercaya sebagai perwujudan Dewi, yang datang kepada wanita yang masih suci atau atau belum mendapatkan menstruasi.

Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan seorang Kumaris, yang akan duduk di kuil-kuil suci, dan orang-orang akan menyembahnya. Setidaknya para gadis ini akan melakukan sebanyak 32 kali tes yang ketat, sebelum mereka dinyatakan sebagai Dewi hidup.



Seorang Kumaris yang sedang belajar di rumah.
Mereka yakin, seorang Kumaris akan melindungi warganya dari kejahatan, dan sekaligus sebagai pelindung bagi mereka yang beragama Buddha dan Hindu.

Kumaris juga akan hidup jauh dari keramaian, dan anak-anak seusianya. Ia akan didandani layaknya Dewi, dengan beragam riasan dan aksesoris di tubuhnya. Ia tidak boleh berjalan di atas tanah, dan ia hanya muncul di luar rumah sebanyak 13 kali dalam satu tahun.



Seorang Kumaris mendapatkan banyak persembahan.
Tetapi setelah mereka menginjak usia pubertas, semuanya berubah untuk seorang Kuamris. Ia akan memasuki ritual 'Gufa' selama 12 hari. Setelah itu, ia akan menjadi manusia biasa dan bisa bermain layaknya anak-anak biasa.

Sumber
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar