Medan Magnet Bumi Semakin Lemah, Apa Dampaknya?

shares

Medan magnetik Bumi.
Medan magnetik yang ada di Bumi kegunaannya untuk melindungi planet kita dari radiasi kosmik. Medan magnet ini terus bergerak dan mengalami perubahan secara intensif. Sehingga kita semua bisa aman dari radiasi yang dipancarkan Matahari.

Namun hasil pencitraan satelit yang dilakukan oleh satelit Swarn, selama enam bulan terakhir mengungkapkan bahwa, medan megnet Bumi semakin melemah, walaupun pelemahan ini masih terbilang kecil.

Satelit Swarn sendiri mempunyai tugas untun memetakan medan magnet Bumi, dan menyediakan pengetahuan baru bagi peneliti. Pelemahan ini terutama terjadi di bagian barat Bumi. Namun di bagian selatan Bumi, seperti Samudera Hindia, magnet bumi menguat.

Perubahan medan magnet ini berdasarkan sinyal magnetik yang berasa dari inti Bumi. Peneliti juga sedang mengungkapkan bagaimana pengaruh lapisan kerak,mantel, ionosfer, dan magnosfer terhadap perubahan medan magnet.

Data yang nantinya di kumpulkan akan membantu ilmuwan untuk memahami, bagaimana medan magnet ini bekerja., apakah itu semua dipengaruhi oleh aktivitas matahari atau bukan.

Melemahnya medan magnet juga berpengaruh terhadap satelit yang mengorbit Bumi. Satelit-satelit tersebut bisa berubah posisi dan melayang rendah, sehingga bisa mengakibatkan kegagalan dalam mengorbit bahkan bisa jatuh ke Bumi.


Sumber
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar