SETI Ungkap Metode Baru Lakukan Kontak dengan Alien

shares

Bintang dengan sistem tata suryanya.
Sampai saat ini, para astronom telah membuat berbagai upaya untuk menemukan kehidupan lain di alam semesta, tapi itu semua masih sia-sia. Walaupun banyak planet baru yang ditemukan, dan menunjang kehidupan.

Saat ini institut Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) telah menemukan dua metode baru, untuk melakukan kontak ke kehidupan asing atau alien, dan diharapkan salah satunya bisa memberikan hasil yang diinginkan.

Astronom sendiri gencar melakukan beragam kehidupan cerdas lainnya di alam semesta. Dan berharap jika komunikasi yang terus dilakukan saat ini, bisa membuahkan hasil dengan adanya respon.

Metode ini dirancang oleh SETI di Universitas Berkeley, salah satunya disebut SETI pankromatik, yang melibatkan 30 astronom, untuk mencari bentuk kehidupan dengan jarak sekitar 16 tahun cahaya, dengan mengirimkan sinyal untuk memandu alien membalasnya.

Metode Pankromatik ini melibatkan berbagai teleskop di seluruh dunia, yang disetel ke berbagai frekuensi yang berbeda. Dan akan fokus kepada bintang-bintang terdekat di tata surya, yang memeiliki sistem planet yang sama.

Dan di antaranya ada sekitar 14 bintang yang memiliki sistem tata surya yang sama dengan Matahari. Sekarang astronom hanya perlu melacak komunikasi dari sistem multi planet, dan melihat apakah ada komunikasi yang dilakukan.

Tapi apakah hal tersebut bisa membuahkan hasil? Wallahu a'lam bishawab.


Sumber
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar