Hati-hati, Tato Henna Bisa Sebabkan Keracunan dan Kerusakan Kulit

shares

Lukis tangan henna.
Henna bagi sebagian masyarakat bukan lagi hal yang aneh. Henna biasanya dibuat menjelang pesta pernikahan, dan biasanya wanita yang mengenakannya. Tetapi, pemakaian henna sendiri kini lebih jauh lagi, dan dipakai untuk alternatif membuat tato.

Tato henna biasanya dibuat untuk mereka yang ingin mentato tubuhnya, tetapi tidak ingin permanen seperti tato umumnya. Tato menggunakan henna juga biasanya relatif aman, dan cocok bagi siapapun. Tetapi baru-baru ini ada kejadian yang cukup menyedihkan terkait tato menggunakan henna.

Seperti yang terjadi pada anak berumur tiga tahun bernama Ellis Burke, di mana saat ia berlibur dengan keluarganya, ia dibuatkan tato bergambar spiderman dengan menggunakan henna sebagai tintanya. Tetapi yang terjadi malah hal yang mengerikan, kulit tangannya melepuh dan terbakar.

Ia pun dilarikan ke unit gawat darurat untuk diberikan pertolongan. Dan bekas tato itu pun membekas dan sulit untuk dihilangkan, karena menyebabkan kulitnya terbakar. Selain itu, awalnya ia juga kesulitan bernapas dan suhu tubuhnya meninggi, lalu muntah-muntah.



Luka akibat keracunan henna.
Kejadian yang terjadi di Marbella, Spanyol ini, diperkirakan bocah tersebut terkena bahan kimia yang berbahaya. Dan hasil diagnosa kedokteran menyatakan, jika bocah tersebut terkena racun.

Dan setelah dilakukan cek laboratorium, bocah tersebut terkena bahan kimia berbahaya bernama para-phenylenediamine (PPD), dan ia pun menganjurkan kepada siapapun yang akan melakukan tato henna untuk kembali mengurungkan niatnya.

Penting bagi Anda, jika ingin melakukan tato henna, gunakan produk yang memang memiliki sertifikasi dan keamanan. Dan jika tahu, gunakan daun henna yang memang diolah oleh kita secara langsung. Karena saat ini banyak sekali produk henna siap pakai di pasaran. Untuk menghindari hal yang buruk, jangan gunakan produk henna pada anak-anak Anda. (Mirror)
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar