Umur Air di Bumi Lebih Tua Dibandingkan dengan Matahari

shares

Ilustrasi pembentukan sistem tata surya Matahari.
Air merupakan sumber kehidupan. Air diperlukan oleh mahluk hidup untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya, tanpa air, tidak ada mahluk yang bisa hidup. Begitu pun manusia, yang  60 persen komposisi tubuhnya adalah air.

Namun siap sangka, jika umur air ternyata lebih tua dari umur matahari, hal ini diungkapkan oleh peneliti. Air juga meningkatkan kemungkinan kehidupan muncul, di antara bintang-bintang di alam semesta.

Air sendiri merupakan bahan yang umum yang ada di semesta, namun biasanya bentuknya hanya awan debu dan gas, dan akan mencair dan membentuk air ketika terkena panas. Air juga bukan bahan 'khusus' yang diciptakan untuk kehiudpan manusia.

Penemuan ini memberikan implikasi jika kemungkinan di luar sana ada kehidupan yang sama dengan Bumi, asalkan sistem tata surya sama seperti yang dimiliki matahari.

Umur matahari sendiri diperkirakan sekitar 4,5 miliar tahun, tetapi air di Bumi terbentuk sebelum matahari terbentuk, dan saat itu kristal air hanya mengambang di sistem tata surya.

"Kita tahu air sangat penting untuk evolusi kehidupan Bumi, tetapi kemungkinan besar air Bumi berasal dari kondisi spesifik awal tata surya, dan situasi ini mungkin belum terbentuk di tempat lain," ucap Profesor Tim Harries dari Universitas Exeter.

Penemuan ini memperlihatkan, jika ada sumber air di planet lain yang mirip dengan Bumi, maka kesempatan adanya kehidupan di luar sana sangat besar. (Mail Online)
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar