9 Parasit Paling Menjijikan dan Mengerikan

shares

Krustasea pemakan lidah.
Mendengar kata parasit, mungkin akan membuat kita mengernyitkan dahi. Parasit sendiri merupakan mahluk hidup yang sangat licik, yang hidup pada inangnya untuk bisa bertahan hidup.

Taktik sebuah parasit cukup terbilang cerdik, tanpa besusah payah mencari makanan, ia bisa mengambilnya dari mahluk yang dihinggapinya. Parasit juga tidak mengenal kepada siapa mereka terhubung, asalkan mereka bisa hidup.

Bahkan, beberapa parasit di dunia hewan, bisa menyebabkan inangnya mati, karena dihisap habis sumber makanan bagi tubuhnya. Lalu parasit apa saja yang paling mengerikan dan menjijikan? Berikut kutipannya yang kami ambil dari Livescience:

1. Kanker anjing
Selama 200 hingga 2.500 tahun, anjing mempunyai beberapa bentuk kanker yang menyebar melalui tumor. Sel-sel dalam kanker ini akan menguras nutrisi yang dibutuhkan anjing. Dan menular melalui alat kelamin. Dan kanker pada anjing ini dipercaya sebagai kanker tertua dalam ilmu pengetahuan.

2. Protozoa T. Rex
Kerangka dinosaurus yang cukup terkenal Sue-T.Rex, adalah fosil yang paling utuh yang pernah ditemukan. Tetapi dalam penelitiannya siapa yang menyangka, jika T.Rex ini mati bukan karena pertikaian dengan jenisnya, tetapi tubuhnya digerogoti oleh protozoa semacam kutu, yang menyebabkannya mati.

3. Tawon parasit
Umumnya, parasit akan memakan hanya sebagian tubuh inangnya, tetapi berbeda dengan tawon parasitoid, ia bukan hanya memakan sebagian tubuh korbannya, melainkan seluruh bagian tubuh inangnya. larva tawon Hymenoepimecis argyraphaga, akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh inangnya, sampai akhirnya ia memakan seluruh bagian tubuhnya.

4. Bakteri pemakan jantan
Genus bakteri yang memiliki nama Wolbachia, telah membunuh sekitar 70 persen invertebrata di suluruh dunia. Cara ia berkembang biak dan meneruskan generasinya juga sangat licik, di mana ia akan diam di dalam inang betina, dan akan ikut bersama telur-telur yang nantinya menetas. Bakteri ini juga akan membunuh telur yang mempunyai jenis kelamin jantan. Bakteri ini biasanya berkembang dalam tubuh serangga lalat buah.

5. Kupu-kupu penipu
Kupu-kupu yang berasal dari jepang yang mempunyai nama latin Niphanda fusca, tumbuh dan berkembang di jenis spesies lainnnya, seperti semut. Semut-semut seperti mengadopsi larva kupu-kupu ini, mereka memberikannya makan untuk berkembang. Dan ini salah satu jenis "sosial parasit," yang ditemukan di dunia hewan.

6. Cacing mata
Cacing Loa loa, yang berasal dari rawa di Afrika Barat, telah banyak menginfeksi manusia, dan biasanya berasal dari lalat buah mangga. Cacing ini akan berjalan di bawah kulit, kemudian berpindah ke paru-paru di malam hari dan akhirnya berdiam di mata pada siang hari, yang menyebabkan rasa sakit.

7. Parasit kepiting
Parasit yang dikenal sebagai Sacculina carcini, kerap ditemukan di kepiting betina. Parasit ini akan mengembangkan sulurnya hingga menyerupai akar pada tubuh kepiting, dan menghisap semua nutrisi dalam darah kepiting. Pada akhirnya, parasit ini akan menginfeksi semua telur ada betina, dan menyebar ke generasi berikutnya.

8. Jamur Zombie
Jamur Ophiocordyceps unilateralis yang hinggap pada kepala semut, menjadikan hewan kecil ini bagai zombie. Jamur ini akan tumbuh dan berkembang biak untuk menginfeksi semut lainnya, dengan melepaskan spora yang matang. Dan ternyata, jamur ini telah menginfeksi semut selama jutaan tahun.

9. Krustasea pemakan lidah
Krustasea Cymothoa exigua bisa dibilang parasit yang aling merugikan inangnya. Parasit ini bukan hanya menggigit dan menghisap nutrisi korbannya, bahkan ia menggantikan lidah korbannya dengan tubuhnya snediri. Dan parasit ini akan tinggal di dalam ikan dalam waktu yang cukup lama.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar