Foto-foto Menakjubkan Kamuflase Dunia Binatang

shares

Ngengat yang menyerupai daun kering.
Bagi sebagian kebanyakan hewan, bertahan hidup adalah hal yang utama. Memakan atau dimakan adalah pilihan yang berat. Menjadi pemangsa juga, terkadang bukan hal yang mudah, jika mangsa yang menjadi incarannya bisa 'menghilang' begitu saja.

Kemampuan hewan buruan untuk 'menghilang' dengan cara berkamuflase, menjadi pilihan yang masuk akal. Karena bisa mengelabuhi pemangsa. Selain itu, dengan berkamuflase, hewan bisa bertahan hidup lebih lama.

Untuk melakukan kamuflase juga hewan perlu mempertimbangkan di mana ia melakukannya. Dan juga seperti apa kamuflase yang bisa ia lakukan.

Sebagian dari hewan-hean tersebut melakukannya dengan membentuk daun, terumbu karang, cabang pohon, hingga layaknya pasir. Bahkan mata kita saja bisa tertipu, dengan kamuflase manakjubkan hewan-hewanini. Lalu hewan-hewan apa saja yang bisa berkamuflase dengan sempurna?



Ngengat yang menyerupai daun kering.
Ada ngengat mappet yang berkamuflase bagaikan daun berguguran, dan ini terjadi di pegunungan di Swiss


Kuda laut kanan, dan ikan kalajengking kiri.
Binatang laut juga mempunyai kemampuan serupa, yaitu berkamuflase, di antaranya ada kuda laut yang menyerupai koran, dan ikan kalajengking yang mirip dengan koral, dan ini ada di perairan hangat seperti di Indonesia. 


Burung hantu dan ngengat.
Di Australia ada burung hantu yang mirip dengan batang pohon, dan di Cornwal ada ngengat yang mirip dengan motif pada pohon.
Serangga menyerupai daun.
Di hutanhujan di Malaysia terdapat serangga yang mirip sekali dengan daun, bahkan mata kita tidak bisa membedakannya.

Ular mirip dengan guguran daun.
Dan yang berbahaya dari kamuflase ada di Afrika, di mana ular derik Gaboon, siap mematikan siap saja yang dekat dengannya, termasuk manusia dengan bisanya yang sangat berbahaya.

Ikan mirip pasir di dasar laut.
Di perairan Tobago, Karibia terdapat ikan yang menyerupai pasir di dasar laut. Dan mata kita pun tidak bisa membedakannya.

Masih banyak kauflase dunia hewan yang tidak bisa dijelaskan dalam artikel ini, dan itu bisa membuat kita terpesona dan takjub. Lalu, masihkan kita mau membinasakan dan membuat hewan-hewan ini punah? (Mail Online)
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar