Hanya 40% yang Mampu Menjelaskan Keadaan Saat Mati Suri

shares

Pengalaman kematian saat dioperasi.
Mati suri merupakan pengalaman yang luar biasa, bagi mereka yang telah mengalaminya. Saat mati suri, tubuh sepenuhnya telah dinyatakan meninggal, namun ada bagian otak yang tetap 'hidup' saat keadaan ini berlangsung.

Para Ilmuwan Southampton melakukan penelitian, terhadap lebih dari 2.000 pasien yang mengalami serangan jantung, selama kurang lebih empat tahun di 15 rumah sakit di daratan Inggris, Amerika, dan Austria.

Dalam temuannya menunjukkan, hanya sekitar 40 persen dari mereka yang hidup kembali dari keadaan meninggal, yang mampu menceritakan pengalaman yang telah mereka alami selama kematian berlangsung.

Dr Sam Parnia, mantan peneliti dari Universitas Southampton yang kini menjadi pemimpin penelitian mengatakan,: :Bukti sejauh ini menunjukkan bahwa dalam beberapa menit pertama setelah kematian, kesadaran otak tidak musnah sepenuhnya. Kami tidak tahu kenapa itu bisa terjadi, namun kesadaran tidak hilang."

Biasanya, seseorang yang jantungnya telah berhenti berdetak, akan mematikan fungsi otak. Namun ada jeda saat otak benar-benar berhenti, yaitu sekitar 20-30 detik setelah jantung tidak memopakan darah ke otak.

Hal ini juga dibuktikan dari 2.060 pasien jantung, dan yang selamat sekitar 330 hanya 140 orang bisa merinci apa yang terjadi pada saat jantung mereka berhenti berdetak.

Hanya 39 persen dari pasien yang selamat, dan mampu menjalani wawancara yang telah diberikan, yang menggambarkan persepsi  akan kesadaran, serta apa yang terjadi pada saat pengalaman itu mereka alami.

Namun sebagian besar pasien yang selamat akan kehilangan kenangan, dan kerusakan memory pada otak, akibat kehabisan oksigen. Dan hanya ada dua persen pasien yang mampu menyadari penuh dengan apa yang terjadi.

"Hanya sebagian kecil dari mereka secara terperinci 'melihat' dan 'mendengar' dengan peristiwa yang mereka alami saat jantung mereka berhenti," kata Dr Parnia. (Mail Online)
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar