Hewan Tercepat di Dunia Diambang Kepunahan, Salahkan Manusia?

shares

Cheetah.
Jumlah hewan liar di seluruh dunia mengalami penurunan, ditambah lahan lahan untuk berkembang biak semakin berkurang, akibat penebangan hutan, invasi lahan untuk pertanian, perumahan, pertambangan dan masih banyak lagi.

Salah satu hewan yang paling cepat di muka bumi tidak luput berada diambang kepunahan, adalah cheetah. Dan manusia harus disalahkan, jika hewan yang mampu berlari sprint hingga kecepatan 112 kilometer perjam ini punah.

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Queen di Belfast, di mana predator besar yang memonopoli makanan di habitat liar, semakin mengecil populasinya. Lebih dari satu abad, keberadaan cheetah berkurang dari 100.000 hingga mencapai 10.000 saat ini.

Sedangkan kompetitornya sesama predator, cheetah memang unik, karena hewan ini memiliki akses buruan yang berbeda, juga cara berburunya. Tetapi, perburuan hewan-hewan buruan cheetah oleh manusia, menjadi penyebab cheetah kekurangan pasokan makanan,

"Kenyataannya adalah pada aktivitas manusia, sebagai contoh kita berburu mangsa cheetah, sehingga cheetah harus mencari lahan berburu yang sangat jauh, yang membuatnya kehilangan energi yang berharga," ucap Dr Michael Scantlebury ahli biologi.

Cara cheetah berburu memang berbeda dengan singa atau hyena, yang berkelompok, sehingga kesuksesan mereka sangat baik. Tetapi cheetah cenderung berburu dengan kecepatan tinggi, yang membuatnya cepat kehilangan energi. Dan untuk mengembalikannya, ia meminum dan memakan buruannya lebih cepat, supaya energinya kembali.

tetapi dengan hewan buruan yang semakin kecil, terutama kijang, akibat bersaing dengan manusia, membuat hewan ini semakin terkikis keberadaannya. (Mirror)
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar