Minuman Bersoda Mempercepat Proses Penuaan Dini

shares

Minuman bersoda.
Seperti diketahui bahwa, soda dan minuman manis lainnya dapat menyebabkan diabetes, obesitas dan masalah jantung. Tapi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, minum soda mempercepat proses penuaan, dengan cara yang sama seperti merokok.

Terbiasa minum soda yang manis, akan mengakibatkan penuaan dini sel imun, yang dapat membuat tubuh Anda tidak efektif menangkal penyakit kronis. Lalu seperti apa efek soda terhadap tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini?

Berikut adalah beberapa alasan yang harus Anda ketahui, yang berhubungan dengan soda terhadap tubuh kita, yang kami kutip dari Boldsky:

Efek kromosom
Ekor kromosom kita yang disebut telomere, bertanggung jawab untuk proses penuaan. Seiring pertambahan usia, panjang telomere menyusut. Setiap orang yang meminum soda atau minuman manis lainnya secara teratur, cenderung memiliki telomeres yang lebih pendek, yang membuat proses penuaan melanjutkan cepat.

Regenerasi sel lambat
Pembentukan dan kematian sel-sel berada di bawah kendali kromosom. Regenerasi sel akan menjadi sulit dengan telomere pendek, yang diakibatkan oleh soda.

Mempengaruhi metabolisme
Kelebihan asupan soda, akan membuat proses metabolisme yang lebih kompleks dan sulit. Soda manis lebih berbahaya daripada soda biasa, karena mengandung bahan-bahan yang lebih berbahaya. Ketidakseimbangan keseluruhan dalam metabolisme, akan menghasilkan banyak penyakit metabolik yang akan menyebabkan proses penuaan.

Mempengaruhi epidermis
Satu lagi efek kesehatan minum soda yang paling umum adalah, hubungannya dengan epidermis. Epidermis yang merupakan lapisan luar kulit, akan kehilangan kemampuan fungsi alami dengan kelebihan asupan soda.

Dehidrasi
Ini adalah fakta, dehidrasi akan mempercepat proses penuaan. Salah satu efek kesehatan minum soda utama adalah dehidrasi, karena properti diuretik. Di sini, soda memiliki efek dehidrasi yang sama seperti kafein, terutama jika mengandung gula atau pemanis buatan lainnya.

Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang lemah, akan memberikan kontribusi banyak untuk proses penuaan cepat. Jika Anda memiliki kebiasaan meminum soda setiap hari, kemungkinan besar Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ini akan membuat Anda rentan terhadap banyak infeksi dan radang, yang pada akhirnya akan mempercepat proses penuaan.

Jadi tidak ada salahnya memulai menggantikan minuman bersoda dengan air putih, yang sangat baik untuk tubuh Anda.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar