Tiga Manfaat Menyajikan Makanan dengan Dipanggang

shares

Memanggang makanan.
Ada beberapa penyajian makanan yang biasa kita temui, seperti ditumis, digoreng, dikukus, atau dipanggang. Beberapa makanan memang cocok disajikan dengan cara-cara tertentu. Dan metode memasak makanan tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tujuannya satu, untuk membuat makanan menjadi lebih lezat. Namun kita juga harus memperhatikan kesehatan dan nutrisi dari makanan tersebut, agar tetap terjaga. Sehingga kita yang memakannya bisa merasakan manfaat dari makanan yang disajikan.

Tetapi kali ini kita akan mengupas manfaat dari memanggang makanan. Berikut tiga manfaat dari memanggang makanan yang disajikan:

1. Mengurangi lemak: Kelebihan lemak dalam makanan memang tidak baik. Hal ini menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular. Dengan memanggang makanan, kelebihan lemak pada makanan akan menetes dan meninggalkan makanan hingga batas tertentu.

2. Retensi Gizi: Baik itu sayuran atau daging, memanggang membantu mempertahankan vitamin dan mineral penting. Sayur yang dimasak dengan digoreng, biasanya kehilangan nutrisi yang cukup penting. Sedangkan daging yang dipanggang ,membantu mempertahankan riboflavin dan tiamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

3. Rendah natrium: Pengurangan konsumsi natrium secara teratur disarankan oleh dokter, untuk menghindari tekanan darah tinggi. Sementara memanggang dapat mengurangi dibandingkan dengan metode lain memasak. Jadi tidak diragukan lagi, memanggang adalah salah satu metode yang ramah dan aman bagi kesehatan.

Namun ada aturan penting dalam memanggang makanan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Marinasi: Telah ditemukan bahwa pengasinan daging membantu mengurangi risiko karsinogen. Jenis marinsi yang Anda lakukan juga akan mempengaruhi kualitas gizi makanan. Lebih baik berikan garam dan rendam hanya dengan lemon dan rempah-rempah ringan untuk marinasi.

Pra-masak: durasi panjang memasak di atas panggangan, dapat menghilangkan vitamin dan mineral berharga. Untuk mempersingkat waktu pemanggangan akan lebih bijaksana untuk memasak makanan terlebih dahulu. Anda dapat melakukan dalam microwave

Bersihkan panggangan: Pastikan untuk membersihkan panggangan setiap akan digunakan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari makanan yang dipanggang. Sisa makanan, jika ditinggalkan, dapat meningkatkan risiko karsinogen.

Hindari nyala api: Bila daging dimasak di atas panggangan, lemak menetes ke dalam api dan menyebabkan api menyala. Hindari kondisi ini, dengan memperisngkat waktu pemanggangan.

Batasi daging: pembentukan karsinogen sebagian besar terkait dengan produk daging. Jika memungkinkan, cobalah untuk membatasi asupan daging panggang. Sayuran di atas panggangan akan menjadi pilihan cerdas.


Boldsky
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar