Koin Langka dari Tahun 1643 Ini Dihargai Rp950 Juta

shares

Koin langka. sumber
Pada era kerajaan, penggunaan koin sebagai sarana transaksi mulai digunakan. Pada saat itu, koin yang berasal dari logam mulia dna berharga, mulai dibuat. Biasanya, manusia menggunakan logam seperti emas, perak dan tembaga dalam membuat koin.

Sehingga tidak heran, jika koin-koin peninggalan tersebut sangat terbatas. Dan saat ini, koin-koin yang ditemukan biasanya mempunyai harga yang sangat fantastis, bahkan harganya bisa melebihi satu buah mobil mewah karena kelangkaannya.

Seperti sebuah yang sangat langka, yang mempunyai nilai nominal sebesar £1. Koin langka ini memperlihatkan tanggal pembuatannya, yaitu ke awal Perang Saudara di Inggris. Harganya untuk saat ini, mungkin bisa membuat Anda menggelengkan kepala.

Koin ini diharapkan bisa terjual seharga £50.000 atau Rp950 juta di lelang yang akan diselenggarakan. Koin perak ini tertera dari tahun 1643, di mana Deklarasi mata uang Pound dilakukan di Oxford, di mana Raja Charles I pernah berkuasa setelah ia mengundurkan diri di London.

Charles sendiri dipenggal hanya enam tahun setelah koin ini diciptakan, namun gambar di belakang koin ini menyatakan keyakinan bahwa Raja tidak bisa digulingkan.

Koin itu dibuat sebagai standar yang baru di kota, dan diciptakan untuk meluncurkan mata uang resmi, sebagai bagian negara di bawah perintah Raja.

Kisah legenda di belakang koin ini bisa diterjemahkan: 'Biarkan Tuhan muncul dan membiarkan musuh-musuh-Nya tersebar', melambangkan kepercayaan Raja di 'monarki absolut'.

Kata-kata itu sebagai deklarasi kekuasaan Raja, tapi kepercayaan dalam monarki Mahakuasa menyebabkan beberapa ketegangan, yang menyebabkan Perang Saudara antara Cavaliers royalis dan Parlemen Roundheads. Sehingga peperangan tidak terelakkan.

Koin yang ukurannya cukup besar, lebih dari dua inci dan tetap dalam kondisi baik, diturunkan melalui satu keluarga selama beberapa generasi, tetapi pemiliknya saat ini tidak menyadari nilainya yang fantastis.

Timothy Medhurst, spesialis koin dan lelang di Auctioneers Duke di Dorchester, Dorset, di mana koin akan dijual, mengatakan itu adalah jenis barang yang ia impikan untuk ditemukan.

"Koin ini ditandai upaya Charles I untuk mendapatkan kembali kekuasaannya yang gagal, dan itu merupakan momen penting dalam sejarah Kepulauan Inggris. Ini adalah koin yang jarang untuk ditemukan. Nilai koin dari periode ini sangat tinggi, dan itu akan sangat dicari," ucap Timothy.

Di Inggris sendiri terjadi Perang Saudara pada tahun 1642-1651, penyebabnya serangkaian konflik bersenjata dan intrik politik antara Roundheads dan Cavaliers di Kerajaan Inggris.

Ini menyebabkan Charles I dipenggal dan putranya diasingkan pada tahun 1649, sebagai gantinya monarki diubah oleh protektorat, dipimpin oleh Oliver Cromwell.

Setelah kematian Cromwell, anaknya Richard tidak mampu mempertahankan kepercayaan pemerintahan model baru, dan menyebabkan protektorat jatuh dan monarki dikembalikan kepada Charles II pada tahun 1660.

Dan penjualan koin tersebut, akan berlangsung pada tanggal 12 Maret mendatang.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar