Kamp Ini Tawarkan 'Detoksifikasi' Internet

shares

Remaja kencaduan internet. Foto
Setiap hari kita disuguhi oleh berbagai kegiatan yang tidak jauh dari aplikasi, baik di smartphone, tablet, hingga desktop. Setiap hari juga kita pasti akan membuka aplikasi seperti Facebook, Twitter, atau instagram.

Mungkin ada yang senang melakukannya, tetapi tidak sedikit juga yang sudah muak dengan keberadaannya. Tetapi apa di kata, kita sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut, apalagi di era teknologi saat ini.

Semua sumber informasi ada di sana, mulai dari berita, tips, hingga kabar terbaru dari tema-teman. Internet sudah bagaikan candu, yang membuat setiap penggunanya kecanduan. Namun jika Anda sudah muak, mungkin sebaiknya melakukan 'detoksifikasi' internet.

Jika Anda ingin menghilangkan  'kecanduan' ini, mungkin sudah saatnya untuk melakukan perjalanan singkat ke pinggiran kota Beijing.

Di sini ada bangunan beton yang mengelilingi sebuah halaman besar, bootcamp bergaya militer yang dirancang dengan satu hal dalam pikiran: untuk mengobati korban penyakit yang sangat modern, yaitu kecanduan kompulsif untuk gadget.


Detoksifikasi internet.
Dibentuk pada tahun 2006, Daxing Internet Addiction Treatment Centre (IATC), sejauh ini telah 'mengobati' 6.000 pasien yang kebanyakan laki-laki berusia muda. Dan mereka mengklaim telah 'menyembuhkan' hingga 75 persen dari mereka yang kecanduan internet.

Orang di belakang fasilitas ini adalah Tao Ran, seorang dokter dan kolonel di Tentara Pembebasan Rakyat, yang dianggap sebagai pakar terkemuka wangyin atau kecanduan internet di Tiongkok.

Pemerintah negara Tiongkok telah melakukan survey, di mana sekitar 24 juta dari 632 juta penduduknya adalah pengguna internet aktif.

Dia menjelaskan wangyin sebagai bentuk penyakit mental, dan mengatakan bahwa 90 persen dari pasien yang depresi klinis, dari kurangnya interaksi sosial yang normal.

Wangyin memiliki banyak risiko, seperti masalah punggung dan penglihatan akibat menghabiskan sampai 14 jam sehari menatap layar, dan sepertiga menderita gangguan makan.
 

Detoksidikasi internet.
"Kecanduan internet menyebabkan masalah di otak yang sama dengan konsumsi heroin, secara umum, itu bahkan lebih merusak. Ini merusak hubungan dengan orangtua dan buruk untuk tubuh tanpa diketahui," kata Ran.

Untuk memecahkannya, Ran akan menyita semua perangkat elektronik dari pasien, dan memaksa mereka untuk mengikuti kebugaran ala militer yang super ketat, dimulai dengan latihan parade pada jam 6,30 setiap pagi.

Mereka juga harus bertahan sesekali di sel isolasi dan minum obat secara teratur.

Kemajuannya akan dipantau oleh penilaian kejiwaan dan scan otak. Ran hanya menganggap seseorang disembuhkan jika, enam bulan setelah keluar dari kamp, mereka menggunakan internet kurang dari enam jam per hari.

Beberapa kritikus menyebut teknik brutal. Tapi mereka juga menghasilkan hasil yang nyata dan ada permintaan yang tinggi untuk berada di sana, di mana biaya yang akan dikeluarkan sekitar £1.000 per bulan, dan mampu dapat mengobati 130 pasien pada satu waktu.

Ada sekitar 300 klinik seperti ini di Tiongkok, disebabkan oleh ledakan dalam popularitas game online seperti World Of Warcraft.

Banyak kafe internet memiliki tempat tidur, sehingga pelanggan dapat tidur dengan keyboard mereka, dan di Shanghai baru-baru ini mengesahkan undang-undang yang memaksa orang tua untuk menghentikan anak di bawah umur 'menjadi kecanduan secara online dan permainan elektronik'.

Taiwan juga menghadapi kecanduan internet, pada bulan Januari lalu, pemerintahannya menghimbau orangtua untuk membatasi 'waktu yang berlebihan menggunakan produk elektronik'.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar