Ribuan Ikan Mas Di Sini Jadi Hama

shares

Ribuan ikan mas di sungai. Foto
Apa yang Anda lakukan ketika melihat ikan mas di sungai atau kolam? Pastinya sebuah menu makanan yang lezat bukan, apalagi ikan konsumsi yang satu ini cukup digemari masyarakat Indonesia.

Ikan mas menjadi salah satu ikan yang cukup favorit untuk dibuat menu makanan, mulai dari digoreng biasa dengan sambal jahe, disayur, hingga dipepes yang membuatnya semakin diminati masyarakat.

Namun jika Anda melihat ikan mas di sini, mungkin akan berpikir hasil peliharaan seseorang, karena saking banyaknya. Tetapi siapa sangka, jika ikan-ikan mas yang jumlahnya hingga ribuah ini, ternyata menjadi hama yang berbahaya.

Jika Anda pergi ke danau Boulder di Colorado, maka Anda akan menemukan sungai yang penuh dengan ikan mas, dan diperkirakan jumlahnya mencapai antara 3.000 hingaa 4.000 ikan. Pemerintah dan pemerhati lingkungan, ternyata tidak suka dengan pamandangan tersebut.

Mereka melihat, jika ikan mas ini telah mencaji ancaman serius bagi spesies ikan lokal, karena mereka kalah populasinya. Selain itu juga, ikan mas membuat ikan-ikan asli kian hilang.

Beberapa cara sedang dilakukan untuk 'membunuh' populasi ikan mas di sana, yang diperkirakan berasal dari pemilik akuarium yang membebaskan ikan mas di sana.

"Ikan masbukan spesies asli dan sangat berbahaya bagi ekosistem perairan setempat. Kami mendorong masyarakat untuk tidak membuang ikan mas di sana, karena buruk bagi lingkungan," kata Kristin Cannon, pejebat setempat.

Tentunya hal yang berbeda di Indonesia, jika ada ikan sebanyak itu di sungai. Tentunya orang-orang akan berbondong-bondong untuk memanennya, bukan. Bagaimana dengan Anda?
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar