Foto-foto Menakjubkan Matahari Tenggelam di Mars

shares

Matahari terbenam di Mars. Foto
Melihat matahari tenggelam bisa jadi hal yang romantis, jika dilakukan berdua dengan pasangan. Apalagi dilakukannya di tempat-tempat eksotik, atau wisata seperti gunung atau pantai.

Banyak tempat wisata yang bisa Anda jadikan rekomendasi, untuk melihat matahari tenggelam ini. Dan tidak sedikit juga yang mengabadikannya dengan berfoto selfie. Ya, matahari terbenam atau biasa di sebut sunset, sering menjadi tujuan kala berwisata.

Jika di bumi, saat matahari tenggelam akan terlihat lembayung berwarna merah atau jingga, lalu apa yang terjadi di planet Mars saat matahari terbenam? Bagi Anda yang penasaran, robot Curiosity memberikan pengalamannya kepada Anda.

Jika Anda menghabiskan cukup panjang menjelajahi planet merah, mungkin akan disuguhi pemandangan matahari terbenam berwarna biru yang cukup indah. Itulah apa yang rover Curiosity lihat baru-baru ini, setelah menangkap pemandangan matahari terbenam di cakrawala Mars.

Gambar yang diambil pada tanggal 15 April, pada sol 956, harus menunggu selama tiga tahun oleh tim yang bekerja pada Rover MastCam tersebut.

Matahari terbenam di Mars.
Selain oleh Curiosity, NASA juga baru-baru ini merilis video di situs media sosial Vine, yang menunjukkan matahari terbenam di cakrawala Mars, yang ditangkap oleh rover Opportunity yang mengeksplorasi Mars.

Video timelapse diambil dari kumpulan gambar yang diambil oleh Opportunity. Bukan warna oranye atau merah yang terlihat, seperti yang terjadi di Bumi, matahari terbenam di Mars memberikan langit semburat berwarna biru.

Meskipun banyak permukaan Mars berwarna merah tua, hal itu disebabkan debu tebal.

Namun, Dr John Bridges, seorang ilmuwan planet di University of Leicester yang mempelajari Mars, memperingatkan bahwa kamera pada rover Opportunity tidak memberikan gambar yang tepat.

"Kami harus sedikit berhati-hati dengan warna yang dihasilkan oleh kamera pada rover ini, karena warna gambar yang dihasilkan cenderung palsu," kata John.

Para ilmuwan mengatakan sunset di Mars akan memiliki cahaya berwarna biru, yangdiakibatkan debu merah di atmosfer menyaring banyak cahaya merah dari matahari. Saat cahaya matahari berada pada titik rendah, cahayanya harus melakukan perjalanan panjang melalui lapisan bawah atmosfer di mana debu tebal berada.

Sedangkan di atmosfer Bumi, cahaya biru menciptakan nuansa merah dan oranye yang menyala langit saat matahari turun di ufuk barat.

Ini bukan pertama kalinya NASA telah menunjukkan kepada dunia, seperti apa matahari terbenam di Mars akan terlihat. Peluang melihat matahari tenggelam di Mars sekitar 3.940, sejak rover pertama kali tiba di Mars.

Planet merah menerima hanya 40 persen dari cahaya matahari, jika dibandingkan dengan di Bumi, yang berarti langit akan lebih gelap saat matahari mulai terbenam di cakrawala.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar