Gara-gara Ilusi Optik, Jalan Tol Ini Kerap Memakan Korban

shares

Jalan tol 'ilusi optik.' Foto
Jalan tol dibangun dan digunakan untuk laju kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi. Namun demikian, jalan bebas hambatan ini juga harus memberikan batasan kecepatan yang diperbolehkan, agar kecelakaan tidak terjadi.

Namun tak ayal, banyak sekali kecelakaan di jalan tol, di manapun jalan ini dibangun. Baik diakibatkan oleh faktor manusia, seperti mengantuk dan kurang konsetrasi atau faktor kendaraan, seperti ban pecah dan rem blong.

Tetapi ada juga kecelakaan di jalan tol diakibatkan oleh pengelola jalan tol, yang memang jalan yang dibangun seperti mempunyai ilusi optik. Salah satunya adalah jalan tol di Amerika Serikat ini.

Jalan tol di Interstate 285, Atlanta, dalam satu tahun terakhir ini telah terjadi setidaknya sepuluh kecelakaan. Hal ini diakibatkan oleh 'ilusi optik' pada salah satu tikungan.

Banyak korban yang mengatakan, jika saat berkendara, jalan ini seolah-olah jalan yang lurus, namun setelah mendekat, ternyata belokan yang cukup tajam dengan putaran hampir 180 derajat. Sehingga banyak sopir yang terkejut, ketika mendekati tikungan, dan gagal berbelok lalu terjadi kecelakaan.

Banyak yang mengatakan, jika tikungan tersebut adalah cacat desain, yang bisa menelan lebih banyak lagi korban, jika tidak dilakukan perbaikan dengan segera.

Namun, hal ini juga diakibatkan oleh kebiasaan pengendara yang memicu kendaraanya lebih cepat dari batas yang dianjurkan saat menikung. Terutama kendaraan-kendaraan besar dan berat seperti truk pengangkut makanan atau barang-barang lainnya.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar