Mengapa Makan dari Piring Merah Membuat Anda Cepat Kenyang?

shares

Makan dari piring merah. Foto
Kita semua pasti pernah merasakan bahwa, saat menyantap ikan atau keripik terbaik ketika sedang duduk di pelabuhan sambil melihat ke laut. Dan sebagian besar dari kita akan setuju bahwa, musik dan pencahayaan mempengaruhi kenikmatan saat makan.

Di beberapa wilayah di Indonesia, makan menggunakan daun pisang akan terasa lebih nikmat, atau juga dengan menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti batok kelapa dan lain sebagainya.

Tapi apakah Anda menyadari bahwa, makan dengan teman-teman akan membuat rasa makanan lebih baik? Atau makan dari piring berwarna merah adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan? Lalu mengapa bisa demikian?

Menurut Dr Charles Spence, seorang profesor Oxford University yang mempelajari ilmu baru yang disebut gastrophysics, segala macam pengaruh--indera ikut bermain ketika kita makan-- sedemikian rupa, makanan benar-benar akan terasa berbeda.

Bahkan, profesor ini berpikir bahwa lebih dari setengah dari kenikmatan makan berasal dari faktor luar atau lingkungan--dan dia punya bukti untuk mendukung teorinya, didokumentasikan dalam bukunya, The Perfect Meal.

Misalnya, di salah satu pengujian rasa anggur terbesar yang pernah ada (yang melibatkan 3.000 orang), peserta diberi segelas anggur putih dan diminta untuk mengatakan apa rasanya.

Setelah itu, pencahayaan dan musik berubah dan mereka diberi segelas lagi, yang tanpa diketahui untuk mereka, dengan anggur yang sama. Respon mereka berubah sekitar 20 persen.

"Makanan dan minuman yang sama dalam situasi yang berbeda rasanya akan benar-benar berbeda. Kadang-kadang, hal yang kita tidak sadar memiliki dampak yang lebih besar daripada hal-hal yang kita sadar," kata Dr Spence.

Hal ini diterapkan di salah stau restoran Perancis di London Barat, di mana mereka menggunakan setiap trik dalam bukunya, untuk membantu pelanggan menikmati makanan mereka. Mereka memulai menunjukkan hal-hal kecil, yang bisa lakukan untuk membangkitkan makan pelanggannya.

Pilihan alat makan juga penting, demikian juga dengan warna piring yang kita gunakan saat makan. Dalam sebuah penelitian memperlihatkan, jika mereka yang makan dengan piring berwarna merah akan makan lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang makan dengan piring berwarna lainnya, misalnya putih.

Lalu apakah Anda mau mencobanya? Untuk sekedar mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan yang ideal? Tidak ada salahnya bukan.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar