156 Tanggapan untuk "Sisi Gelap Siswi Sekolah di Jepang"

  1. Balasan
    1. Di Indonesia aja bnyak bos....Gk usah sok suci

      Hapus
    2. Jepang bkn negeri komunis. nah...kalo Korut, Tiongkok, Vietnaam, Laos baru itu negeri komunis

      Hapus
    3. konyol yg komen jepang negara kmomunis

      Hapus
    4. haduuuh mas deden nih.. BCL deh :D

      Hapus
    5. gobloknya keliatan

      komunis tidak sama dengan atheis

      Hapus
    6. Deden tololnya gak ketulungan.

      Hapus
    7. betul jepang sebenarnya komunis...tidak mengenal tuhan.. saya bekerja di perusahaan jepang... ya begitu mengenai tuhan..kagak percaya

      Hapus
    8. untuk bukan temen gw, bego di umumin ..

      Hapus
    9. Oi, Komunis itu sistem politik, atheis sistem nurani. Beda bro!

      Hapus
    10. Justru di negara2 yg tidak mengenal Tuhan masyarakatnya tidak rusuh seperti di negara yg masyarakatnya semua menyembah Tuhan.

      Hapus
    11. Negeri Atheis cak tidak mengenal Rabb = Tuhan yang dikenal Hantu

      Hapus
    12. tidak mengenal tuhan bukanya atheis?, sama begonya. haha...

      Hapus
    13. Asep yus@ not everyting people japanese do not know god.
      you only work at one company, not necessarily the other.

      Hapus
    14. to asep yus: atheis sama komunis itu beda mas,, banyak2 membaca ya mas asep.. :D

      Hapus
    15. tolol banget loe. jepang itu negeri paling kapitalis

      Hapus
    16. Negara komunis sama atheis beda goblok

      Hapus
    17. begonya keliatan banget lo... kalau mau comment di rana publik pastikan bego mu gak keliatan deden... lagian gak usah sok suci lu. indonesia juga gak lebih baik dari Jepang.

      Hapus
    18. tak elok berkata kasar, klw teman ngk tau atau keliru ya,,, dikasih tau dengan cara yang baik. penggunaan kata "dampak" juga kurang pas ya,,,, Mas Deden. Demikian dari saya yang baik hati.

      Hapus
    19. paraaahhhh, parah banget orang keliru di tolol2in , pada udah gak mengindahkan tata krama apa ya

      Hapus
    20. pada dasar nya semua manusia yang tercipta punya tuhan namun menganut agama yang berbeda...
      orang keliru bukan nya dikasih arahan yang benar malah dicaci maki sama kata kata yang gak sopan....selama berpendidikan emang kemana aja ilmu-nya gak dipake

      Hapus
    21. si deden juga kalau di suguhin NGGA BAKAL NOLAK.. sok bener, sok suci, preettt..

      Hapus
    22. Wadeeeuhhh.... Sejak Kapan Jepang Negara Komunis....
      Hmmm....

      Hapus
    23. bukan komunis, tapi aheis..

      Hapus
    24. miris banget. orang keliru di tolol2in gitu. emang dulu sekolah klau kamu salah ditolol2in gitu gimana perasaan kamu. jangan hanya pintar otak tp ahlak kosong. itu yg mnjadi pnyebab indonesia hancur sperti saat ini krena pejabat hanya pintar di otak saja tp nurani kosong akhirnya korupsi tanpa malu-malu.

      Hapus
    25. Wkwkwk. Benar, yang keliru harus diajarin yg bener. Kalau udah diajarin yg bener masih keliru, berati itu orangnya memang ngeyel....

      Hapus
    26. Jepang bukan negara komunis,dan bukan juga atheis,kebanyakan beragama shinto (buat yang maen asal sebut atheis)

      Hapus
    27. Bego bego sok comment tapi ngak bisa bedain komunis sama atheis ngakak ��

      Hapus
    28. hahaha... Deden ngasal bgt. Jepang Komunis??
      mendingan sekolah lagi sana sist

      Hapus
  2. liat ini aku kaak orang bego,,,cuma bisa mlonggo...apa iya sperti itu??

    BalasHapus
  3. Ngeri juga yah jadinya,
    Tapi sangat suka dengan kehidupannya, kayaknya seru ..

    AnakRegular - negara penghasil miliarder terbanyak di dunia

    BalasHapus
  4. Kasian, g punya agama donk klu gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bawa2 agama lah... mereka punya agama kok... Shinto..
      cuma lingkungan yang membawa dampak seperti itu

      Hapus
    2. mereka punya agama loh...meskipun kesannya aneh kan?...ada kristen ..bukyo..shinto...dan bahkan muslim banyak jg...

      Hapus
    3. Tepat sekali katamu, karena lingkungan yang dominan maka jadilah seperti itu.

      Hapus
    4. emang di pelajaran sekolah menyebut jepang identic dengan Shinto
      tp kalo liat drama atau anime jepang, seringnya mereka merayakan natal
      ada juga yg budha
      tp aku setuju kalo hal diatas ga pengaruh dari agama, tp dari budaya

      Hapus
    5. perkembangan budaya. akibat lingkungan dan juga tentang moral yang terabaikan dari sisi benar. baik atau tidak baik/salah.

      Hapus
    6. Dari pada negara yg beragama dan mengganggap agamanya bagus ternyata terjadi peperangan dan pemerkosaan yg sangat sadis

      Hapus
  5. Pantesan Jepang paling sering di Landa Tsunami Hebat,pertanda Degradasi Moral yang ada di titik terendah pada Manusianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. brarti aceh yang kena tsunami 2004 pertanda sudh degradasi moral juga ya,, padahl serambi mekah loh

      Hapus
    2. Jangan dibiasain nuduh kayak gitu, itu kan bikin orang tersinggung
      Mending kasih masukan yang baik... :)
      Bencana memang sering jadi bahan peringatan bagi Tuhan, tapi kan gak selalu
      Jepang kan memang berada di lempeng bumi yang gak stabil

      Hapus
    3. dimanapun manusia berada takluput dari bencana, yang pasti ulah manusianya. kan sudah jelas manusia akan mati dan tidak di beri umur yang panjang karena ada alam lain yang lebih sempurna jadi buat yang beriman saja. jelas jepang mah emang tujuannya Dunia doang.

      Hapus
    4. Memangnya Bang Andika pernah menimbang Bumi sebelumnya?
      bener ngga Dessi..?

      Hapus
    5. Masih banyak budaya-budaya Jepang yang patut diacungi jempol. Kita masih tertinggal jauuuuuuuhhhh.
      Dan perlu diingat, belum tentu kita lebih baik dari mereka jadi ambil hal positifnya, buang hal negatifnya. Jangan hal negatifnya ajjah yang diliat.

      Hapus
    6. sholat kagak, ngaji kagak, kena bencana katanya di uji, ujian dari siapa?
      sekolah kagak, masuk kelas kagak, ikut ujian sekolah dari mana?

      * ujian/cobaan apa adzab ???

      Hapus
    7. tidak baik menghakimi tempat dan wilayah...kita tahanlah untuk mengurangi kebencian

      Hapus
    8. Setuju sama liya, Tuhan udah punya rencana buat semua makhluknya masing-masing..

      Hapus
    9. Mau dong sma ank sklhnya yg d jepang,,,,
      #Chibi-Chibi....#_#

      Hapus
    10. kalo ngomongin bencana itu rencana Tuhan men, kita manusia cuma bisa berdoa dan berusaha doang , iya nggak nguk?

      Hapus
    11. Jangan berkata - kata seolah olah anda pernah ketemu sama Tuhan, ini dunia nyata, anda hidup pakai logika dan agama adalah dinamisator di kehidupan anda. Vonis terhadap mereka secara dosa cuma Tuhan yang berhak, salah benar sejatinya milik Tuhan, azab adalah rahasiaNya, kita bukan nabi yg punya mukzizat untuk berinteraksi denganNya.

      Hapus
    12. Jangan berkata - kata seolah olah kita sudah pernah ketemu dengan Tuhan, bukankah azab dan maut adalah rahasiaNya. Dosa, salah, dan benar adalah hak Tuhan. Kita harus mengedepankan logika dan agama sebagai dinamisator di kehidupan kita, dan kita bukan Nabi yg diberi mukzizat untuk bertemu langsung dengan Tuhan.

      Hapus
    13. hahaha dodol kamu ya. pantes aja indonesia sering kena bencana juga. apa karena Degradasi Moral juga..

      Hapus
    14. Taufik, siapa yang anda maksud dodol disini? Apakah anda cukup bermoral dengan mengata - ngatai orang dengan sebutan dodol, moral anda yang perlu dipertanyakan. Kalau anda betul - betul punya moral yang bagus anda semestinya tidak bicara seperti yang anda sebut.

      Hapus
    15. Udah udah, indonesia dan jepang gak usah dibandingjn, indonesia tanah airku, hinda motorku..ambil yang positifnya saja, gak usah korekin negatifnya..gak selesai2 nanti..hehehe

      Hapus
    16. Kita cuma bisa menyarankan agar lebih terbuka pikirannya kepada mereka yang "hanya" menghubungkan segala sesuatunya dengan agama.

      Kenapa?

      Karena agama itu kepercayaan (iman) yg tdk bs dibuktikan kebenarannya secara logika. Makanya itulah disebut dengan iman kepercayaan. Sedangkan ilmu itu pembuktian nyata dan terdapat penjelasan logis.

      Ilmu tanpa Agama = NOL.
      Agama tanpa ilmu = NOL.

      Hapus
  6. Indonesia juga akan seperti itukah dengan budaya asing yang semakin merajalela melalui media elektronik dan cetak yang liberal dan diterima dengan sukarela oleh masyarakat kita ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesia jg sdh lama sperti itu.. hanya tdk terekspos, coba liat saja anak2 remaja skrang, ga ada negeri yg sempurna. apapun sistem nya smua sistem selalu punya kelemahan jd kembali bada mental individunya saja.

      Hapus
    2. iya banyak yang sudah arborsi di indonesia.
      ini kelakuan para lelaki indonesia yang ingin jajan dulu.
      hayo siapa yang sering jajan sama daun muda atau sama pacar sendiri ni.
      nampaknya sudah tau dari komen kalian ni.
      hahahhahahaha

      Hapus
  7. ga perlu ngejudge negara jauh, cukup nengok kota kita sendiri.
    sisi gelap seperti ini juga banyak kok di indonesia, terutama di kota2 besar. dari siang sampe malem bisa ditemui, asal tau SOP nya

    BalasHapus
  8. di jepang bisnis prostitusi itu legal, itu makanya dibiarkan polisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerita ini benar adanya, kita juga bisa beli ganja secara terang2an di kaki lima ...

      Hapus
    2. Legal sih Legal - BAWAH umur Hukumnya berat Bro

      Hapus
  9. yang penting punya duit buat makan de...

    BalasHapus
  10. sudah dari 1990 sehingga pada masa sekarang sudah menjadi kebiasaan warga di sana...
    semoga artikel ini bisa menjadi pelajaran kita untuk menghilangkan budaya buruk sebelum menjadi kebiasaan yang akan terus menerus diturunkan...

    BalasHapus
  11. Yg menjadi benteng utama adalah KONDISI KELUARGA YG SEHAT & HARMONIS!
    Jika ditelusur, mereka2 yg berbuat seperti itu pasti berasal dari keluarga yg rusak, tidak harmonis, anak yg dianiaya org tua-nya dsb dsb dsb.

    Hal itu bisa terjadi di mana saja, negara manapun, tidak perlu kita menghakimi mereka.

    Jika kita mau introspkesi, itupun ada di negeri kita walaupun cenderung ditutup-tutupi atau kasusnya tidak banyak.
    Coba baca buku investigatif: jakarta undercover story ataupun berita2 yg ada di portal berita internet.

    Hal ini tidak beda jauh dg remaja2 yg suka tawuran, ormas saling bertikai, bapak makan anak dsb.
    SAMA SAJA, ITUPUN TERJADI DI NEGERI INI.

    BalasHapus
  12. Memang benar semua itu berawal dr uang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua berawal dari kerja keras dimas

      Hapus
  13. Mungkin ini yang di cari anggota hewan DPR kungker di jepang kali ya

    BalasHapus
  14. Kita prihatin dg hal tsb, tp kita tdk usah mencibir negeri lain krn di negeri kita jg ada. Yang perlu kita lakukan adalah mari kita berperilaku yg baik dan mulailah dari diri kita.

    BalasHapus
  15. Kita prihatin dg hal tsb, tp kita tdk perlu mencibir negeri orang krn di negeri kita jg ada, hanya tertutup tdk spt yg ada di jepang. Yg bisa kita lakukan adalah mari kita berbuat yg baik dan mulailah dari diri kita.

    BalasHapus
  16. Disini di Indonesia ini juga banyak kok ... gak usah heran ama berita yang kayak gene ..... kuno ...kurang gaul .... cupu...mending cariin solusi yang terbaik buat negeri ini yang amkin hari makin carut marut gak karuan

    BalasHapus
  17. di indonesia juga ada banyak gak usah jauh2, itu yg ketangkep polisi pelacur2 muda beasan tahun.

    BalasHapus
  18. Kita harus waspada dengan perubahan yang merusak moral. Bekali keluarga dan keturunan kita dengan ajaran agama.www.berkahakikah.com

    BalasHapus
  19. aku sangat kagum dengan semangat dan budaya jepang, namun tidak untuk budaya yg satu ini.

    BalasHapus
  20. maaf sekali lg dengan segala hormat, tanpa harus jauh jauh ke Akhibara di Jepang, di Jakarta Khususnya Jakarta Barata daerah Mang... Anc... dan Ko... itu banyak anak di bawah umur yang di pekerjakan, bahkan sudah teorganisir. anak di bawah umur dari sukabumi, bandung, indramayu dll. kantor polisi tdk jauh kok dari sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan manusia dan hewan adalah akalnya, manusia punya akal dan nafsu, hewan hanya punya nafsu saja, tergantung kita mau pilih yang mana.... kalau ingin menjadi manusia sejati maka akal lah yang dominan, tapi kalau ingin menjadi hewan maka turutilah nafsu.... selamat memilih....

      Hapus
    2. Shevia larasati, saya setuju dengan pendapat anda.

      Tapi jika dikaitkan dengan pernyataan randi noviano, pertanyaan anda tidak ada korelasi yang jelas. salam

      Hapus
  21. ya .... smua ada sebab dan akibat terjadinya itu ..., kita tidak usah mnutup dan mencibir .....
    mari kita berbenah diri kita ..., untuk hal yang baik dan umum sesuai adat dan norma kita ....

    BalasHapus
  22. Di Indonesia juga ada , di dekat tempat saya tinggal juga jadi tempat kumpulkebo faporit kaum muda mudi . Walau itu sudah lumrah terjadi bukan berarti siapapun membenarkan hal itu terjadi , toh siapapun lelaki yang menjadi ayah ga rela hal kaya beginian terjadi sama anak perempuannya . Kecuali ayah bejat

    BalasHapus
  23. awalnya adalah dari keluarga kalo, mari kita contoh dan lihat keluarga cemara anak dan orang tuanya saling melengkapi wlaau dalam keadaan sulit

    BalasHapus
  24. semua berawal dari keluarga coba kita contoh dan lihat keluarga cemara anak dan orang tuanya salain menghormati dan menyanyangi walaupun hidup sulit, HARTA yg paling BERHARGA adalah KELUARGA.

    BalasHapus
  25. seruaan baca yg comment drpd beritanya ini mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada ngomongin apa sih....kembali ke jaman jahilliah.....

      Hapus
  26. kasus beginian di indo juga banyak...
    kluarga broken heart akhirnya cari yg aneh2...
    apalagi cewek jepang wowow...lumbung uang nih...ahahhaha...

    BalasHapus
  27. prihatin, semoga remaja indonesia tidak seperti ini, smg ortu lebih perhatian dlm mendidik anak,jgn hny memikirkan materi

    BalasHapus
  28. Disini juga banyak yang begituan. Belum dieksplorasi aja.

    BalasHapus
  29. suatu saat kebenaran dan keadilan pasti ada!
    engga munafik, kalau uang sudah berbicara semua yang salah pasti dibenarkan.. tidak peduli orang hukum atau berpendidikan sekalipun... karena raja dari semua raja adalah harta!

    itu semua keputusan dari diri sendiri, karena hidup didunia itu hanya ada 2 pilihan! Baik atau Buruk.. jadi diri sendirilah yang memutuskan...

    BalasHapus
  30. sungguh ironi
    bahkan di negara kita sudah mulai mengikuti budaya jepang....

    BalasHapus
  31. yang lain pada ribut akumah nyimak aja :v

    BalasHapus
  32. Kalau perut sudah lapar, apapun bisa dilakukan orang. Semoga saja itu tak terjadi di Indonesia. Ambil sisi baiknya saja. Banyak budaya Jepang yang perlu kita pelajari.

    BalasHapus
  33. ngapain ngurusin org N negara org lain. Ngurus negara n diri sendiri aj blm bner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sih arti kata ngurusin? Apa dengan kita berkomentar disebut juga ngurusin? Apa dengan berpendapat kita disebut juga ngurusin?
      Dan apa yang sudah lakukan untuk kemajuan bangsa kita? Coba paparkan. Terima kasih.

      Hapus
  34. Cabe jepang mahal ga yaah???

    BalasHapus
  35. jepang yang negara maju aja gtu budayanya,
    apalagi indonesia yg negara gak pernah maju gni

    BalasHapus
  36. Jangan gaya... Lha wong, kita juga masih pakai mobil dan motor buatan Jepang, Ingat, kita juga gak lebih baik dari orang-orang Jepang.

    BalasHapus
  37. Itu akibat tidak peduli sesama..
    Siapa lo siapa gwa...
    Seprrti yg tertulis di artikel diatas..
    "Semua tahu itu ada, tpi tidak melakukan apa2"
    Nah kalau seandainya sseorang atau beberpa melakukan sesuatu, ngak bakalan siswi tu bwrkeliaran tiap malam...

    BalasHapus
  38. benar-benar bejad.... tuh kena tsunami sbg teguran

    BalasHapus
  39. apaan? jd geisha maksudnya?
    kan emg geisha normal disana? ._.

    BalasHapus
  40. Ironis memang ketika masa remaja harusnya menikmati masa2 indah d sekolah justru harus terjelembab dari sisi dunia gelap (prostitusi)...

    BalasHapus
  41. apapun. tetaplah aku suka jepang.. :-P

    BalasHapus
  42. Ya begitulah negara liberal

    BalasHapus
  43. comentnya banyak dan seru. tumben ko ga ada yang jualan gorengan ......qqqqqqqq

    BalasHapus
  44. komen nya pada pedes.....cukup dibaca saja

    BalasHapus
  45. kalian sendiri yang bertanggung jawab dihadapan Tuhan nantinya..plus minus anda sndiri yang akan merasakan nantinya.

    BalasHapus
  46. sebenarnya disini juga ada hanya tertutup aja, klo di jepang lebih terbuka.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. niii orng orng kok pada oon ya sekolah gak sig broh? blajar geografi gak? jepan emang sering tekena shunami karena berada di lempengan bumi yg g stabil lu cari di google dan w g setujuh sama org yg membahas sesuatu selalu membawa bawan agama dan tuhan w tanya lu pada rajin ibadah gak? jarang ibadah aja sok sok bawa tuhan sok sok bawa agama dasar idiot

    BalasHapus
  49. woles gan.. yang empunya blog kan cuman berbagi informasi.. bukan menawarkan konten pornografi.. pakai akal sehat lah kalau comment.. jangan diributkan lagi lah kawan-kawan.. nanti traffic yg empunya blog nge joss.. *pokeowner

    BalasHapus
  50. semangat untuk saling mengingatkan untuk mengajak kebaikan ...

    BalasHapus
  51. sedih saya liatnya, kasian mereka "masyarakat" gk tau kenyataan dibalik bisnis itu, mereka kerja begitu bukan karena mau, tapi karena faktor masalah keluarga, dan keuangan, bahkan mereka sampai dikucilkan di lingkungan masyarakat. semoga lebih bnyk org yg sadar untuk membantu

    BalasHapus
  52. padahal Jepang kan salah satu negara paling maju teknologinya... andai aja jepang tu dulunya negeri islam bisajadi lebih maju lagi dan sisi gelapnya negara itu jadi hilang/mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa2 nasig negaras jepang seperti afganistan, banglades , irak dan negara islam laiinya yg ngenes nasibnya. Hanya si buta yg ga tau.

      Hapus
  53. bagus informasinya biar kita semua bisa belajar dari negeri seberang (yang sedang kita bicarakan) ,biar negara kita bisa jaga tata krama yang selama ini kita punya bukan kita hancurkan .kita jaga generasi2 muda kita dari moral2 yang kurang dan tidak pantas ......

    BalasHapus
  54. Jauh - jauh ke Jepang lah, munafik apa kurang bergaul sih....lah di Indonesia jauuuuh lebih banyak tapi karena penduduknya banyak kadarnya sedikit sadar kah?

    BalasHapus
  55. Jepang bukan komunis ataupun atheis-_-

    BalasHapus
  56. Waahh...... Asik nih tapi pasti mahal.... Wkwkw

    BalasHapus
  57. orang jepangnya lagi asyik2, eh disini pd ribut rebutan siapa yg paling pinter....siiip

    BalasHapus
  58. Gara" satu komentar komunis langsung kaya gini :D yg tolol itu yg ngomen dia tolol udah tau tolol di komen berarti tolol kan yg ngomen :D

    BalasHapus
  59. heran giliran negara lain di kritik, giliran di negeri sendiri za pada pura" bego, padahal di Indonesia sendiri lebih parah di banding di jepang sana

    BalasHapus
  60. untung saja jdulnya sisi gelap dari jepang ?

    BalasHapus
  61. Dijepang ada agama kok.ada dewanya juga.ada tempat ibadah.sama seperti indonesia..... tp bedanya hukum pemerintahan jepang lebih di tegakkan daripada hukum agama,hukum agama yg paling ditakuti disana adalah MALU.sisanya hukum pemerintahan yg ditakuti. Kalo di indonesia kan balance antara hukum agama dan hukum negara...kurang lebih seperti itu yg saya pernah dikasi tau sama tmen dari jepang...

    BalasHapus
  62. sing gelut sing gelut,,,,,ttt....sing geulutttt,,,,,,,

    BalasHapus
  63. matee kite bnyak kalee yg comentx...

    BalasHapus
  64. panjangan komennya dari pada articlenya

    BalasHapus
  65. emang lbh mudah meng komentari negatif org lain drpd berkaca pd diri sendiri (negara sendiri) hukum dijepang msh jauh lbh baik drpd di indo. realita nya sdh sering kita dengar n lihat sendiri kan....??

    BalasHapus
  66. Di jepang pejabat yg korupsi akan bunuh diri dari pada menanggung malu. Lah sedangkan diindonesia, pejabat korupsi aj masih senyum" aj tuch pejabat korupsinya. Orang jepang jga pekerja keras sampe" pengangguran dijepang itu sedikit. Lahh lihat diindonesia pengangguran semakin banyak lantaran orangny yg kurang berusaha n bekerja keras. Militer kita juga awalnya diajarkan oleh orang jepang boss pada masa penjajahan..........

    BalasHapus
  67. intinyaaa, kita harus bisa meniru budaya positif Jepang, jgn sok tau duluu,
    mskipun ada profesi kyk gitu disana, TETAPI itu terserah pihak perempuan, mereka tidak dipaksa, sekali lagi saya ingatkan, orang sana menghormati kaum wanita, sehingga kasus kriminal seperti pelecehan sangat sedikit di sana, beda jauh sama negara kita sendiri. ini sdh terlihat dari drama atau anime, bahkan hukum di sana sangat kerasss. yang utama itu mentalnya rek, mental org Jepang lebih bradab dari negara kita. makanya, kapan kita benar" melaksanakan REVOLUSI MENTAL yg sdh lama diserukan Pak Jokowi itu...

    BalasHapus
  68. Yaelah itu mah karena memang sdah adatnya mereka orang luar juga aneh kalo liat Indonesia karena merka g trbiasa dgn adat d sini -_-

    BalasHapus
  69. Untuk itu di jepang coba bayangkan bila di indonesia seperti itu :) hehehe
    Ijin mampir kang :)

    BalasHapus
  70. orang keliru ya dibenarkan. jangan di maki seakan2 kalian adalah org2 sempurna yang tau segalanya. saran buat bang deden, sebelum berkomentar lebih baik dicari tahu dulu kebenarannya. pas dengan persepsi anda atau tidak .

    BalasHapus
  71. Jepang bukan negara komunis, agama resmi mereka shinto, penyembah dewa matahari (aura mazda), tapi kebanyakan rakyat jepang tidak beragama, jadi ketika mereka ditanya soal tuhan mereka banyak yang ndak ngerti( bahkan ndak percaya klu tuhan itu ada) jadi bisa kalian kira2 sendiri jepang itu negara seperti apa, tapi saya sarankan ndak usah saling caci maki di sosmed, kalau komen tlg jaga perasaan orang lain, jadikanlah diri kita cermin kalau kita di begitukan kaya apa rasanya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan. Banyak orang yg komen bilang tolol,bodoh. Emang paling enak ya ngatain orang di sosmed. 😃

      Hapus
  72. Segitunya yg membela negara jepang, sampek nolol nololin,bodoh bodohin orang. Santai aja gan. Gara gara artikel gini aja ribut. �� alay

    BalasHapus
  73. Pngen pnyk pacar cewek jepang :g

    BalasHapus
  74. Seru nih komennya... Bang kopi nya 1 bang... 😝

    BalasHapus
  75. Seruan baca orang yg komentar ini sh

    BalasHapus