Muntahan Paus Ini Dijual Rp98 Juta, Mengapa Bisa Mahal?

shares

Ambergris. Foto
Mungkin terdengar aneh bagi Anda, jika sebuah muntahan bisa berharga sangat mahal. Apalagi jika muntahan tersebut berasal dari mahluk laut terbesar di dunia, yaitu ikan paus. Mengapa bisa demikian?

Salah satu muntahan yang memiliki harga mahal biasanya berasal dari paus sperma, yang biasanya disebut sebagai ambergris. Bahkan satu kilogram muntahan ini bisa dihargai lebih dari Rp50 juta, tergantung dari warna dan beratnya.

Dan salah satu bocah beruntung, berhasil menemukan muntahan ini, saat mengajak anjingnya berjalan-jalan di satu pantai di Welsh. Dan yang lebih mengejutkan, ia menjualnya lebih dari Rp98 juta.

Bahan yang langka zat ini, biasaya digunakan untuk membuat parfum mahal. Dan ambergis biasanya terlihat seperti batu, yang tidak banyak disadari oleh orang-orang.

Tapi ketika itu, pria dan anjingnya melihat dan mengendus gumpalan yang cukup besar ini di Anglesey, lalu ia pun pergi untuk menyelidiki. Dan saat diambil, yang dikira batu tersebut, terlalu ringan dan memiliki tekstur lembut, seperti sabun.

Ambergris sendiri terbentuk di dalam usus ikan paus sperma, yang berguna'untuk melindungi mereka dari gigi-gigi tajam cumi-cumi raksasa yang mereka makan.

Dan dalam sejarah industri parfum, bahan ini digunakan untuk meningkatkan aroma atau membuatnya bertahan lebih lama, tetapi sekarang telah digantikan oleh zat sintetis.

Ambergis di beberapa negara adalah barang yang ilegal untuk dijual, salah satunya di Amerika Serikat.

Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar