Fenomena Ajaib Terjadi Saat Hujan Lebat Turun di Gurun

shares

Gurun Atamaca di Chili. Foto
Jika ditanya daerah paling kering di Bumi, jawabannya pasti gurun. Bukan tanpa alasan, gurun adalah tempat paling sedikit menerima curah hujan, bahkan beberapa gurun hampir sama sekali tidak pernah turun hujan.

Maka tidak heran, jika di gurun tidak banyak terdapat mahluk hidup. Adapun yang bisa bertahan di sana, hanya beberapa serangga dan binatang melata saja, tetapi ada ular yang mampu hidup di gurun.

Namun, tahukan Anda apa yang terjadi jika hujan terjadi di gurun pasir? Fenomena apa yang akan terjadi di sana? Berikut ulasannya untuk Anda.

Salah satunya terjadi di gurun Atacama yang terdapat di Chili yang merupakan gurun terkering non-polar di Bumi. Tapi siapa sangka, jika di gurun ini terdapat kehidupan yang luar biasa saat kondisinya tepat.

Gurun Atamaca di Chili.
Apalagi jika gurun ini mengalami hujan lebat, selama bulan Oktober atau November. Bunga yang 'berhibernasi' di bawah permukaannya tiba-tiba mekar dengan warna-warni yang menakjubkan, seolah-olah ingin mengambil keuntungan dari hujan yang datang sangat jarang terjadi.

Bunga-bunga ini mekar dikarenakan pola cuaca yang berubah, akibat badai Patricia, badai paling kuat yang membuat daratan porak poranda.

Misteri Kemunculan Danau Secara Tiba-tiba di Gurun Tunisia

"Intensitas bunga mekar tahun ini cukup memukau," kata Daniel Diaz, direktur National Dinas Pariwisata di Atacama, kepada kantor berita EFE yang kami kutip dari Boredpanda.

Meskipun Diaz, fenomena luar biasa ini terjadi akibat perubahan iklim, penduduk setempat telah bersyukur karena hal tersebut membuat peningkatan jumlah wisatawan untuk melihat bunga-bunga yang mekar.

Lebih dari 20.000 wisatawan diharapkan mengunjungi gurun tersebut, untuk melihat bunga mekar yang luar biasa. Ini bukan satu-satunya tempat di dunia di mana bunga mekar di gurun, namun gurun ini mengalami fenomena yang sama seperti yang terjadi di Utah.


Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar