Fenomena Misterius Kemunculan Bunga di Pohon Bambu

shares

Bunga pohon bambu. Foto
Bambu adalah tanaman yang tumbuh paling cepat di Bumi. Satu batang bambu, dapat tumbuh sepanjang 10 sentimeter dalam satu hari saja. Bahkan jenis bambu tertentu, bisa tumbuh sampai satu meter selama periode yang sama, atau sekitar 1 milimeter setiap 2 menit.

Anda benar-benar dapat melihat tanaman tumbuh di depan mata. Sebagian besar jenis bambu mencapai kematangan hanya dalam 5 sampai 8 tahun. Bandingkan dengan kayu keras populer lainnya, yang nyaris tidak tumbuh satu inci dalam seminggu.

Pohon seperti oak, bahkan dapat memakan waktu hingga 120 tahun untuk mencapai usia 'kematangan.' Tapi pernahkan Anda melihat pohon bambu berbunga, mungkin banyak yang akan menjawab "tidak."

Pohon bambu berbunga ini adalah yang paling lambat pertumbuhannya, di bandingkan dengan bambu jenis apapun. Bambu berbunga ini merupakan fenomena menarik, karena ini yang unik dan sangat langka di kerajaan tumbuhan.

Pohon bambu berbunga.
Kebanyakan bunga ini hanya muncul sekali setiap 60-130 tahun. Interval kapan bambu akan berbunga kembali sebagian besar merupakan misteri, terutama bagi banyak ahli botani.

Spesies bambu berbunga juga menunjukkan perilaku aneh lainnya, mereka akan berbunga pada saat yang sama, di seluruh dunia, terlepas dari lokasi geografis dan iklim, selama mereka berasal dari pohon induk yang sama.

Baca juga: Sambut Pasangan dengan Romantis Berujung Petaka

Meskipun berada di lokasi geografis yang berbeda, mereka masih membawa genetik yang sama. Jadi, ketika tanaman bambu di suatu tempat, katakanlah Amerika Utara berbunga, tanaman yang sama di Asia akan melakukan hal yang sama pada waktu yang sama. Seolah-olah tanaman membawa jam internal berdetak.

Menurut salah satu hipotesis, bambu ini melakukan hal tersebut untuk meningkatkan kelangsungan hidup populasi bambu. Hipotesis ini berpendapat bahwa dengan 'membanjiri daerah tertentu dengan buah bambu,' masih akan ada benih yang tersisa bahkan jika predator memakan bibit bambu.

Setelah bambu ini mencapai harapan hidupnya, berbunga dan menghasilkan biji, tanaman mati akan masti dan memusnahkan seluruh wilayah selama beberapa periode tertentu hingga tahunan.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar