Ini Alasannya Kecoa Masih Hidup Meskipun Terinjak

shares

Kecoa.
Serangga yang satu ini mampu merayap atau terbang, mampu hidup meskipun sudah mendapatkan pukulan keras. Bahkan setelah terinjak dan kita mengangkat alas kaki, serangga ini akan bangun dan berlari cepat di bawah pintu, itulah kecoa.

Menuru penelitian terbaru, bahkan hanya kecoa saja yang mampu bertahan hidup meskipun dunia dilanda perang nuklir yang meluluhlantakkan kehidupan. Begitu hebatnya serangga yang satu ini, sekaligus paling dibenci.

Hal ini tidak lain karena kecoa menjadi sumber penyakit yang berbahaya. Tapi tahukah Anda, apa alasannya kecoa begitu sulit untuu dibunuh? Berikut penjelasannya.

Tips Mengusir Nyamuk dengan Ampas Kopi Kering

Meskipun ada bagian yang kaku, namun serangga yang satu ini sangat fleksibel dan sayap mereka memiliki ketahanan mereka yang luar biasa. Sehingga serangga ini menjadi salah satu inspirasi dalam pembuatan robot masa depan.

"Menekuk tapi tidak bisa mematahkan, apa yang terjadi pada serangga ini. Kami mencoba hal yang sama untuk melihat, apakah kita dapat memiliki ketahanan yang sama di robot kami," kata ahli robot, Robert Wood dari Harvard University.

Untuk melihat bagaimana kecoa mampu melakukannya, ahli biologi, Profesor Robert di University of California (UC), Berkeley, dan mahasiswanya, Kaushik Jayaram melakukan eksperimen di mana  serangga ini dihasruskan melalui celah yang kecil. Mereka juga diberi beban hingga 100 gram ke berbagai bagian tubuhnya dan menyaksikan bagaimana serangga ini bisa bertahan.
Menggunakan video berkecepatan tinggi, ia menemukan bahwa sayap kecoa seperti gesper, yang mampu melindunginya dari tekanan. Dia juga melihat bahwa, sayap kecoa memiliki protein yang elastis yang disebut resilin sekitar 65 persen dari bagian sayap yang berfungsi sebagai engsel.

Berikut video yang akan menjelaskan, kenapa kecoa mampu bertahan hidup meskipun diberi tekanan besar dan celah kecil sekali.


Tips Mudah dan Murah Usir Kecoa

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar