Tidak Dibersihkan, Kotoran Telinga Membuat Tuli Pasien

shares

Kotoran telinga. Foto
Memperhatikan kebersihan tubuh wajib kita lakukan, setiap harinya. Hal yang paling mudah untuk itu adalah dengan mandi. Ya, mandi akan membasuh setiap kotoran yang ada di permukaan kulit kita.

Namun acapkali ada bagian-bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dibersihkan. Biasanya pada daerah pusar, telinga, bahkan di kuku, apabila Anda memiliki kuku yang cukup panjang.

Pada telinga khususnya, kita harus dengan teratur membersihkannya. Karena telinga memiliki fungsi yang snagat penting, yaitu untuk indera pendengaran. Lalu apa yang terjadi jika kita lupa membersihkannya? Video ini mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Pekerjaan Pria Ini, Menyelam di Dalam Kotoran

Ini adalah saat yang paling menjijikan, saat kotoran telinga menumpuk di telinga seorang pasien. Kotoran tersebut bahkan sudah menyumbat saluran telinga, yang membuatnya susah mendengar.

Bahkan sebelumnya, petugas medis telah mencoba untuk melunakkan kotoran tersebut dan menariknya keluar, tapi gagal sehingga pasien merasakan 'sakit tak tertahankan' yang terdengar.

Kali ini, pasien yang tidak disebutkan namanya tersebut mendatangi dokter spesialis Teliga Hidung dan Tenggorokan (THT), Dr Rahmat Omar untuk bisa mengeluarkan kotoran dengan pompa hisap. Namun sebelumnya, pasien diberi anestesi umum agar tidak merasa sakit.

Dalam video tersebut, Dr Omar yang merupakan seorang otolaryngologist di Malaysia, menjelaskan jika pasien menderita keratosis obturans di dalam videonya.

Di sinilah sel kulit mati dan lilin terperangkap di telinga, membentuk lapisan yang dapat memblokir saluran telinga. Dalam kasus ini, kotoran di pasien telah menjadi begitu padat dan melekat di gendang telinganya, sehingga membuat ia tidak dapat mendengar.

Anehnya, kasus keratosis obturans sebenarnya dapat disebabkan ketika orang membersihkan telinga terlalu sering, terutama dengan cotton bud, sehingga kotoran akan semakin masuk ke dalam saluran telinga dalam.

Dibutuhkan lebih dari 25 menit untuk mengisap seluruh kotoran yang sudah menyumbat saluran telinga pasien ini.

Video ini telah dilihat lebih dari 500.000 kali sejak diunggah oleh Dr Omar ke saluran YouTube miliknya. Jika Anda cukup kuat untuk melihatnya, silahkan menontonnya.

Jijik, Begini Jika Telinga Tidak Pernah Dibersihkan

Saya sarankan untuk tidak menontonnya, jika Anda bermental lemah. :)


Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar