9 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Biji Semangka Rebus

shares

Biji semangka. Foto
Semangka adalah salah satu buah yang cukup terkenal, sekaligus kaya manfaat. Saat kita menikmati buah semangka, biasanya kita akan membuang biji-biji kecilnya, karena kita tidak menyadari manfaatnya bagi kesehatan.

Meskipun kecil, biji semangka mengandung asam lemak, protein esensial dan mineral. Biji semangka juga kaya akan vitamin B seperti tiamin, niasin, folat dan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, besi, seng, fosfor dan tembaga.

Biasanya kita akan mengonsumsi biji semangka dalam bentuk olahan lainnya, yaitu kuaci. Namun rasanya yang asin, menjadikannya tidak baik bagi tubuh. Padahal jika dikonsumsi akan membantu usus tetap sehat.

Biji semangka juga mengandung zat citrulline yang bertindak sebagai antioksidan, melebarkan pembuluh darah dan memiliki efek positif dalam kasus arteriosclerosis, hipertensi, angina dan disfungsi ereksi.

Minuman Ini Efektif Hilangkan Lemak Perut dalam 4 Hari

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengolah biji semangka dengan sehat. Caranya, ambil 20-30 biji semangka, giling dan didihkan selama 15 menit dalam 2 liter air. Jumlah ini cukup untuk dikonsumsi selama dua hari di pagi dan sore hari, dan Anda harus jeda di hari ketiga. Ulangi prosedur untuk beberapa minggu.

Berikut adalah 9 Manfaat biji semangka yang Anda olah di atas yang kami kutip dari supertastyrecipes.com:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kaya akan magnesium, biji membantu menjaga jantung Anda tetap sehat dan bekerja normal. Selain itu, biji semangka mempertahankan tingkat tekanan darah dan meningkatkan proses metabolisme.

2. Mencegah penuaan

Kandungan antioksidan dalam biji membantu Anda untuk menghindari penuaan, memperkuat kulit Anda tetap sehat serta terlihat awet muda.

3. Menghilangkan jerawat

Ambil cotton bud dan celupkan pada minyak biji semangka. Oleskan di wajah yang berjerawat dan kotor untuk membantu membuang sel-sel kulit mati. Minyak khusus ini cocok untuk setiap jenis kulit.

4. Memperkuat rambut

Protein yang tinggi serta kandungan asam amino dalam biji semangka, dapat memperkuat rambut. Caranya, panggang biji semangka tumbuk lalu balurkan di seluruh rambut.

5. Mengatasi kulit kepala gatal

Minyak biji semangka memiliki tekstur ringan, oleh karena itu dapat diserap dengan mudah. Minyak ini dapat digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering, kulit kepala gatal atau menghilangkan ketombe. Caranya cukup usapkan minyak biji semangka ke kulit rambut, bilas dan keringkan.

6. Mencegah kerusakan rambut

Biji semangka memiliki asam lemak esensial yang akan menghindarkan rambut dari kerusakan. Caranya lakukan seperti nomor lima.

7. Mengatur tekanan darah dan mencegah jantung koroner

Arginine dalam biji semangka membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung koroner. Arginine adalah komponen penting dalam biji semangka yang sudah menjadi kuaci. Asam amino yang penting dalam biji adalah triptofan dan lisin.

8. Kaya magnesium untuk sistem kekebalan

Mengkonsumsi kuaci akan memenuhi kebutuhan magnesium harian Anda. Magnesium juga ada dalam makanan seperti gandum, beras, gandum serta cocoa powder. Magnesium penting untuk mempertahankan mekanisme pertahanan tubuh yang sehat. Insufisiensi magnesium dapat mengakibatkan kejang otot, penyakit jantung, dan diabetes.

Ini Dia Makanan yang Membuat Tubuh Anda Penuh Cacing

9. Menghindari penyakit beri-beri

Kekurangan vitamin yang larut air dapat menyebabkan kondisi yang disebut sebagai Beri-beri. Vitamin B6 dalam biji semangka yang larut dalam air membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi. Hal ini penting untuk menciptakan neurotransmitter.

Jadi mulai sekarang, jangan buang biji semangka.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar