Benarkah Beras Putih Lebih Sehat dari Beras Merah?

shares

Beras merah dan putih, mana yang baik? Foto
Beras telah menjadi makanan pokok di sebagian besar wilayah Asia, yang diolah menjadi nasi. Bahkan kita serasa belum makan, jika belum mengonsumsi nasi.

Ada dua jenis beras yang bisa kita konsumsi untuk dijadikan makanan pokok, yaitu beras putih dan beras merah. Banyak yang mengatakan, jika beras merah lebih baik untuk kesehatan.

Bahkan beras putih selalu dikaitkan dengan penyakit diabetes, karena kadar karbohidratnya yang tinggi. lantas benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Udang dan Vitamin C Bisa Buat Anda Meninggal Mendadak

Dikutip dari healthyfoodteam, berikut adalah kelebihan dan kenurangan dari beras merah dan putih.

Beras putih dan gula darah

Kesalahpahaman pertama tentang nasi putih adalah jika itu bisa meningkatkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan kadar karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi. Namun bukan berarti beras merah tidak memiliki hal yang sama.

Faktanya, indeks glikemik dan juga karbohidrat yang tinggi dipengaruhi oleh varian beras, seperti beras basmati yang memiliki indeks glikemik yang sangat rendah tidak peduli apakah itu beras merah atau putih.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, beras basmati beras bisa meningkatkan kadar glukosa darah lebih dari beras basmati putih.

Penelitian ini melibatkan 14 peserta yang sehat, yang diberi 11 jenis beras termasuk beras basmati putih dan merah. Kadar glukosa darah setiap peserta kemudian diukur, untuk menentukan indeks glikemik dari jenis beras tertentu. Dan hasilnya, beras basmati putih memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak meningkatkan kadar glukosa darah, sedangkan basmati beras merah memiliki indeks glikemik menengah-tinggi, yang berarti menaikkan kadar glukosa darah.

Studi ini menyimpulkan bahwa, warna beras tidak menjadi parameter untuk indeks glikemik.

Beras merah dan phytates

Meskipun beras merah umumnya dianggap sehat, ada beberapa alasan mengapa Anda harus tetap makan nasi putih. Untuk satu hal, nasi putih rasanya jauh lebih baik daripada nasi merah.

Ditambah, tidak seperti nasi putih, beras merah lebih phytates, yang juga dikenal sebagai asam fitat. Phytates sering disebut sebagai "anti-hara" karena dapat mencegah penyerapan sejumlah mineral lainnya sepeti besi, seng dan kalsium.

Meskipun tidak mengancam kesehatan, konsumsi secara teratur beras merah dapat mengakibatkan kekurangan mineral, yang pada akhirnya memicu komplikasi kesehatan.

Gara-gara Jamuan Makan Malam, Pria Diputuskan Pacar

Baik beras putih maupun merah, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekarang bagaimana Anda, apakah senang dengan beras merah atau beras putih.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar