Bukan Hanya Rokok, Hobi yang Satu Ini Bisa Merusak Paru-paru

shares

Paru-paru. Foto
Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, yang akan memberikan udara penuh oksigen ke tubuh dan mengeluarkan udara beracun hasil metabolisme sel, yaitu karbon dioksida.

Banyak hal yang bisa merusak paru-paru, seperti merokok, berada di daerah berpolusi, dan juga daerah lembab. Namun selain kebiasaan tersebut, ternyata ada hobi yang bisa merusak paru-paru Anda.

Bahkan pria asal Inggris harus meninggal, akibat hobinya ini. Lantas hobi apa yang bisa merusak paru-paru kita? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sembuhkan Batuk Membandel dengan Nanas, Caranya?

Dikutip dari Boldsky.com, pria yang suka bermain alat musik tiup seperti terompet, trombon, saksofon atau bagpipe ini harus meniinggal. Penyakit radang paru-paru mematikan yang dijuluki sebagai 'bagpipe paru-paru' ini, telah merenggut nyawanya.

Kondisi pria Inggris berusia 61 tahun ini, meninggal karena radang paru-paru kronis yang disebut pneumonitis hipersensitif, yang diduga disebabkan oleh jamur yang berada di dalam alat tiup bagpipe.

Pria itu mengalami batuk kering dan sesak napas selama tujuh tahun, meskipun pengobatan telah dilakukan dengan obat imunosupresan.

Ia meninggal sebagai akibat dari kerusakan paru-paru, yang menyebabkan gangguan pernapasan akut dan fibrosis jaringan (jaringan parut).

"Ini adalah kasus pertama yang mengidentifikasi paparan jamur, dari pemain bagpipe, sebagai pemicu potensial untuk pengembangan (hipersensitivitas pneumonitis)," kata Jenny Raja dari University Hospital of South Manchester (UHSM) di Manchester, Inggris.

Temuan juga menunjukkan bahwa, interior instrumen alat musik tiup tersebut lembab dan memungkinkan pertumbuhan jamur.

Inilah yang Terjadi Pada Paru-paru Saat Merokok 60 Batang

Nah, bagi Anda yang senang bermain alat musik ditiup pastikan kebersihannya bukan hanya dari tampilan luarnya saja. Tetapi pastikan bagian dalamnya juga bersih dan tidak lembab.

Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar