Ditemukan di Pantai, 'Batu' Ini Bernilai Rp1,3 Miliar

shares


Alan, penemu ambergris. Foto
Pantai adalah salah satu tempat yang menyenangkan baik untuk berlibur maupun berjalan-jalan di sore hari. Apalagi jika ditambah dengan ombak yang tenang dan pantai putih, pasti akan sangat menyenangkan.

Namun pantai juga bisa menjadi tempat yang menguntungkan, bahkan menghasilkan uang. Kita bisa memancing ikan, atau yang lebih beruntung lagi kita bisa menemukan 'batu bau' yang sangat mahal harganya.

Pengalaman menyenangkan ini dialami oleh seorang ayah dan anak anaknya, yang sedang berjalan-jalan di pantai. Dan mereka penasaran dengan 'batu bau' yang mereka temukan. Namun siapa sangka, jika hal tersebut justru membuat mereka kaya.

Ini Bukti Jika Petir Bisa 'Ditangkap'

Batu bau atau biasa disebut ambergris ini, berasal dari muntahan paus. Meskipun tampak menjijikkan, tapi siapa sangka jika harganya di pasaran sangat mahal sekali.

Saat itu pria bernama Alan Derrick (67) dan anaknya Tom (39) pergi untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai Sand Point, ketika mereka menemukan batu yang cukup bau. Tom kemudian penasaran dan mengambilnya, lalu mencari tahu apa sebenarnya benda tersebut.

Setelah dites di rumah Alan di Somerset, ternyata batu tersebut adalah ambergris, yang menjadi bahan baku pembuatan parfum mahal.

Mereka pun mengirimkan sampel kepada ahli di Italia, Selandia Baru dan Perancis. Dan setelah mendapatkan hasilnya, kini mereka pun akan menjualnya di situs lelang, eBay.

Ambergris seberat 1,2 kilogram tersebut, dibuka dengan harga sekitar £65.000 atau lebih dari Rp1,3 miliar, dan mereka memberikan batas waktu selama delapan hari untuk mendapatkan pembeli dalam lelang tersebut.

"Beratnya sekitar 1,2 kilogram dan sangat padat serta berbau sangat menyengat. Baunya mengerikan. Baunya seperti berjalan di sebuah bangunan lembap sangat tua," ucap Alam dikutip dari Mirror.

Muntahan Paus Ini Dijual Rp98 Juta, Mengapa Bisa Mahal?

Ambergris biasanya terbentuk selama bertahun-tahun di dalam usus paus, yang akan melindungi mereka dari benda keras dan tajam saat makan. Ambergris juga kerap disebut 'emas mengambang,' karena nilainya yang sangat tinggi.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar