Piramida Tertua di Dunia Berhasil Ditemukan

shares

Piramida Kazakhstan. Foto
Membicarakan piramida, pikiran kita tertuju kepada negara Mesir. Bukan tanpa alasan, di sinilah piramida terbesar yang pernah ada ditemukan. Apalagi, piramida tersebut adalah warisan Firaun yang sangat terkenal.

Meskipun sudah ditemukan seabad yang lalu, piramida ini masih menyisakan banyak misteri. Terutama spekulasi tentang bagaimana orang zaman dahulu, bisa membangun bangunan yang sangat megah dengan teknologi sederhana.

Tetapi ternyata, piramida bukan hanya milik mesir saja. Bahkan kini ilmuwan berhasil menemukan piramida yang diklaim tertua di dunia. Meskipun piramida tersebut sudah tidak utuh lagi. Lantas berapa umur piramida tertua ini?

Ritual Pertarungan Kejam Peradaban Moche di Peru

Piramida yang ditemukan di daerah terpencil di Kazakhstan Steppe ini, berjara sekitar 3.900 mil timur laut dari Kairo.

Struktur yang kini sudah menjadi reruntuhan tersebut, diyakini mirip dengan piramida Djoser di Mesir, dan dibangun sekitar 1.000 tahun lebih tua dari yang ada di Mesir.

Arkeolog menemukan piramida ini tahun lalu, namun sampai ini masih menjadi sensasi yang tersembunyi. Kompleks yang ada di dalamnya masih menjadi misteri, karena ilmuwan belum melakukan penggalian atau eksplorasi.

"Piramida ini dibangun lebih dari 3.000 tahun yang lalu di Saryarke, untuk 'Firaun' yang pemimpin suku lokal pada akhir zaman Perunggu," kata arkeolog Viktor Novozhenov kami kutip dari Mai Online.

Rencananya, ilmuwan akan membuka beberapa ruang pemakaman utama dalam beberapa hari. Dan setiap temuan, akan disimpan di dalam museum arkeologi di Karaganda State University.

"Bentuk konstruksi megah ini mengingatkan kita pada piramida Djoser yang terkenal di Mesir," tambah Novozhenov.

Di masa Uni Soviet, Karaganda dijuluki negara 'antah berantah' dan merupakan tujuan bagi orang-orang buangan politik bekas Uni Soviet. Namun penemuan piramida ini menunjukkan bahwa, budaya di sini sangat kaya dan berkembang pada masa lalu.

Misteri Pembuatan Tembok Besar Gorgan Sepanjang 195 Km

Seluruh pemakaman di dalamnya, berjumlah sekitar 27 yang berasal dari zaman yang berbeda. Bangunan terbesar memiliki lima tingkat tangga yang terbuat dari batu.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar