Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ditemukan

shares

Pohon tertinggi di dunia. Foto
Pohon adalah salah satu mahluk hidup yang bisa berusia hingga ratusan tahun, bahkan ada yang bisa mencapai usia hingga ribuan tahun. Bahkan, ukurannya bisa sangat tinggi dengan diameter yang besar.

Salah satu tempat di mana pohon bisa berukuran sangat besar ada di daerah tropis, bahkan jika tidak ditebang oleh manusia, banyak sekali pohon-pohon yang bisa berukuran sangat  tinggi.

Tapi tahukah Anda, di mana pohon tropid tertinggi di dunia? Ternyata, pohon tropis tertinggi di dunia telah ditemukan di pulau Kalimantan. Berapa tinggi pohon ini dan ada di mana?

Tebang Pohon, Pria Ini Temukan Penampakan Alien

Pohon ini memiliki tinggi 94,1 meter dari dasar tanah hingga puncak tertingginya. Dan tinggi pohon ini setara tiga paus biru jika ditumpuk dari ujung ke ujung.

Penemuan ini diumumkan usai menunggu waktu lima bulan lamanya, setelah mengukur pohon tropis tertinggi di dunia sebelumnya, yang disematkan kepada meranti kuning yang ditemukan di Malaysia.

Gregory Asner dari Carnegie Institution for Science di Stanford University mengungkapkan, jika pohon ini telah memecahkan rekor baru di konferensi 'Heart of Borneo' pada tanggal 10 November lalu.

Pohon yang termasuk dalam genus Shorea, berdiri di negara bagian Sabah. Dan tidak hanya mengesankan, pohon ini menjadi kanopi vertikal terbesar dengan diameter 39 meter.

Asner juga dibuat takjub, karena pohon ini tidak berdiri sendiri, tetapi diapit oleh pohon-pohon lain yang hanya sedikit lebih kecil.

Penemuan ini adalah hadiah untuk ilmu pengetahuan, dan juga kepada orang-orang di Sabah, Kalimantan, dan juga dunia.

"Pohon ukuran ini dan usia hanya tidak ada di luar hutan primer--jadi penting bahwa hutan dapat mendukung pertumbuhan pohon-pohon raksasa yang langka dan dilindungi," ucap Dr. Glen Reynolds, direktur Asia Tenggara Rainforest Research Partnership.

Aneh dan Misterius, Pohon Pahit Ini Hasilkan Cairan Putih Bak Susu

Namun meskipun menjulang tinggi, pohon ini 'tetap lebih kecil dari pohon non-tropis tertinggi di Bumi' yaitu pohon redwood di California Redwood National Park yang ketinggiannya mencapai 113 meter.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar