Pertama Kali Terekam, Piton 4 Meter Telan Hyena 80 Kilogram

shares

Piton telan hyena.
Salah satu pemangsa yang paing rakus adalah ular piton. Mereka mampu berburu mangsa apapun juga, bahkan dari pemangsa lainnya. Banyak sekali video yang memperlihatkan, saat piton membunuh buaya dan menelannya dengan utuh.

Selain buaya, piton juga bisa memangsa anjing atau kucing besar seperti macan tutul. Tapi jarang sekali mereka memangsa dari jenis anjing liar, salah satunya adalah hyena yang termasuk pemburu paling sukses.

Apalagi hyena terkenal akan rahangnya yang kuat, bahkan menjadi salah satu rahang paling kuat di dunia binatang. Ada kejadian yang memberikan kejutan kepada peneliti, saat melihat piton besar menelan hyena.

Para peneliti di barat daya Kenya, baru-baru ini menemukan piton sepanjang 4 meter dari jenis Franceville, sedang menelan hyena seberat 80 kilogram secara utuh.

Jos Bakker, yang merupakan seorang desainer web asal Belanda kala berlibur melihat pertama kali dan memfilmkan kejadian langka ini, di pinggir jalan rawa di Masai Mara National Reserve.

Dalam waktu singkat, Bakker dan pemandu wisatanya melewati daerah ini bersama para ilmuwan dari Fisi Camp, situs bidang Michigan State University zoologi Kay Holekamp, yang telah mempelajari klan hyena tutul di Masai Mara sejak tahun 1980-an.

Asisten peneliti Mike Kowalski dan Olivia Spagnuolo kemudian pergi mencari ular piton ini, dan mereka skeptis bahwa piton bisa membunuh pemakan daging besar dan cerdas ini.

"Setahu saya belum ada preseden untuk ini dalam hal dokumentasi. Karnivora besar tentu dapat berinteraksi dengan ular besar, dan mereka bisa menghindar konfrontasi," kata Kowalski melalui email dikutip dari National Geographic.

Berikut rekaman saat hyena menjadi mangsa piton batu Afrika:

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar