Kerap Menahan Kencing, Ada Batu Seberat 1,4 Kg di Kandung Kemih

shares

Batu kalsium terbesar di India. Foto: dailymail.co.uk
Sakit yang terasa di tubuh jangan sampai disepelekan, karena bisa menjadi indikasi suatu penyakit yang bisa membahayakan nyawa Anda. Apalagi jika sakit yang Anda alami berlarut-larut, maka segeralah periksa ke dokter.

Jangan sampai Anda menyesal, seperti yang pria ini alami. Ya bagaimana tidak, sakit yang terus menerus ia alami justru diabaikannya selama bertahun-tahun, hingga akhirnya ia pergi ke dokter dan memeriksakan dirinya.

Dokter yang menanganinya pun dibuat terkejut, usai tahu jika di kandung kemih pria ini ada sebongkah batu ginjal seukuran melon. Mereka pun melakukan prosedur operasi yang tidak biasa, untuk mengeluarkan batu ini dari tubuhnya. Seperti apa?

Ahli bedah terpaksa menggunakan 'linggis' untuk mengeluarkan sebuah batu kalsium seukuran melon dari kandung kemih pria ini.

Maheshbhai Rasikbhai Patel, yang masih berusia 49 tahun dari India, menderita sakit luar biasa di perutnya saat ia dirawat di rumah sakit.

Dokter pun menemukan penemuan yang mengerikan, yaitu batu berdiamater 11.5 sentimeter di kandung kemihnya. Dan mereka melakukan operasi selama satu setengah jam untuk mengeluarkannya.

Operasi pengangkatan batu ini dilkukan di Rumah Sakit Sri Sainath, dan dokter harus berjuang untuk batu besar ini dengan alat operasi yang tidak biasa.

Batu seberat 1.4 kilogram ini pun mengalahkan rekor sebelumnya, yang berhasil diangkat dengan berat 1.22 kilogram dari perut seorang pasien kanker pada tahun 2010.

"Saya menderita sakit luar biasa selama beberapa hari terakhir. Setelah operasi, saya merasa lebih baik," ucap Maheshbhai dikutip dari Dailymail.co.uk.

Dokter bedah yang menangani Maheshbhai, Dr Dhirubhai C Patel, mengatakan: "Pasien tidak memiliki sakit kronis. Rasa sakit dimulai biasanya pada malam hari dan tidak menunjukkan gejala lain. Setelah melakukan penyelidikan medis, kami menemukan bahwa ada batu raksasa di kandung kemihnya."

Apa itu batu kalsium?

Batu kalsium di dalam kandung kemih, dapat terbentuk ketika kandung kemih tidak benar-benar kosong dari urin. Umumnya disebabkan oleh pembesaran kelenjar prostat, yang menghalangi aliran urin.

Jika cukup kecil, batu akan keluar dalam urin. Jika besar, dapat menyebabkan sakit perut, nyeri saat buang air kecil atau darah dalam urin.

Pembentukan batu kalsium dapat dicegah dengan minum 2-3 liter air sehari, dan mengosongkan kandung kemih--buang air kecil--tanpa penundaan bila diperlukan.

Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar