Jadi Viral Cara Lepaskan Kutu di Kulit, Tapi Ternyata Berbahaya

shares

Menghilangkan kutu dengan minyak pepermint.
Kutu adalah salah satu parasit yang bisa berada di tubuh kita, terutama di area di mana rambut berada. Biasanya, kutu akan lebih sering menyerang kepala dan bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak karuan.

Serangga yang satu ini bisa ditularkan dari mereka yang memilikinya, apalagi jika ditambah kita jarang sekali merawat rambut. Ternyata, bukan hanya rasa gatal yang ditimbulkan, kutu juga bisa membawa penyakit berbahaya.

Untuk mehilangkan kutu bisa dengan banyak cara, tetapi sebuah video di Facebook menunjukkan, seorang wanita dengan mudah melepaskan kutu dari tubuhnya hanya dengan setetes minyak peppermint. Tapi siapa sangka, jika cara ini justru lebih berbahaya. Kenapa?

Video tersebut telah ditonton lebih dari 27 juta kali. Dan tidak mengherankan jika hal itu terbukti populer, untuk mengetahui trik menghilangkan kutu dengan cepat.

Klip tersebut menunjukkan, jika parasit penghisap darah ini bereaksi terhadap minyak, dan merangkak keluar dari lengan wanita hanya dalam 20 detik.

Namun, terlepas dari keberhasilannya yang nyata, para ahli telah memperingatkan bahwa metode ini mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.

Dr Neeta Connally, asisten profesor Biologi di Western Connecticut State University, mengatakan jika zat dalam kutu akan bereaksi dengan minyak peppermint yang menyebabkan penyebaran penyakit.

"Mereka benar-benar mengeluarkan air liur ke dalam tubuh saat menempel, jadi dengan menggunakan mminyak pepermint hanya akan membuatnya mengeluarkan lebih banyak air liur yang akan membuat Anda sakit," ucap dr Neea dikutip dari dailymail.co.uk.

Nasihat dari Borreliosis and Associated Diseases Awareness (BADA) Inggris mendukung teori Dr Connally. Di situsnya memperingatkan: "Menggunakan larutan seperti alkohol, aftershave, minyak atau mentega, parafin, petroleum jelly atau cat kuku untuk mencoba membunuh kutu dapat menyebabkannya memuntahkan (muntah) air liur dan kandungan usus."

Meskipun metode ini ampuh menghilangkan kutu dan mengusirnya, tetapi bisa meningkatkan risiko organisme penyebab penyakit yang akan memasuki aliran darah.

Para ahli memperingatkan bahwa, kutu pembawa penyakit semakin meningkat populasinya di seluruh dunia karena iklim global menjadi lebih hangat dan basah, memberikan kondisi perkembangbiakan kutu yang sempurna.

Berikut rekaman videonya:


Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar