Lima Cara Alami Atasi Lidah Terbakar dengan Cepat

shares

Ilustrasi lidah terbakar. Foto: stethnews.com
Lidah terbakar adalah salah satu jenis luka di mulut yang banyak dialami orang-orang. Apakah itu disebabkan makan makanan panas, teh, kopi, atau coklat panas akan membuat lidah merasakan sensasi terbakar yang tidak nyaman dan menyebabkan rasa sakit.

Bengkak dan merah merupakan gejala dari lidah terbakar. Lidah yang terbakar ini bahkan bisa menyebabkan hilangnya indera perasa kita. Meski bersifat sementara, sensasi ini bisa menimbulkan banyak ketidaknyamanan.

Untungnya, jika Anda merasakan lidah terbakar, ada cara cepat untuk menenangkan dan menyembuhkannya di rumah. Berikut adalah lima solusi efektif yang dapat Anda coba, yang dikutip dari stethnews.com:

1. Gula

Bila lidah Anda sakit karena terbakar, langsung bawa toples gula. Ambil satu sendok teh dan diamkan di lidah. Gunakan lidah untuk menyentuh langit-langit mulut dengan gula. Diamkan sampai semua gula larut.

2. Ice Cubes

Pendinginan adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan rasa sakit karena lidah terbakar. Ini juga membantu menyembuhkan sel yang rusak, sehingga mengisap es batu atau es krim benar-benar bisa menjadi obat yang efektif.

3. Yogurt

Cara lain untuk membantu Anda menyembuhkan lidah Anda yang terluka adalah dengan makan yogurt. Tidak hanya sehat, yogurt juga memiliki sifat menenangkan yang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Ambil sesendok yoghurt lalu biarkan di lidah sebentar sebelum menelan.

4. Madu

Madu bisa membantu mengurangi pembengkakan lidah dan meringankan rasa sakit yang Anda rasakan. Satu sendok penuh madu oleskan pada area lidah yang terbakar, untuk membuat Anda merasa lebih baik.

5. Bernafas

Inilah cara mudah untuk mempercepat penyembuhan lidah terbakar. Yang harus Anda lakukan adalah bernafas melalui mulut. Udara dingin akan meringankan lidah yang terbakar.

Kelima metode di atas akan membantu menenangkan lidah dan mengurangi pembengkakan. Yang terbaik yang harus Anda lakukan adalah menjauhi sesuatu yang asam, termasuk tomat, jus buah, buah sitrus, dan cuka.

Jika Anda benar-benar ingin minum jus, tambahkan air ekstra, agar asam akan lebih lemah dari biasanya. Makanan asin, termasuk keripik kentang, bisa juga mengganggu lidah Anda, jadi sebaiknya hindari.
Loading...
loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar