Ini Ikan yang Hidup di Kedalaman Lebih dari 8 Ribu Meter

shares

Ikan yang hidup di tempat terdalam di bumi.

Ikan yang hidup di laut terdalam di dunia telah ditemukan. Mereka hidup dalam dunia yang penuh dengan kegelapan, dengan kedalaman lebih dari 8.000 meter di bawah permukaan laut.


Dinamai ikan siput Mariana, ikan ini tembus pandang dan tak berwujud. Tidak mudah untuk hidup di kedalaman laut, dengan tekanan yang sangat tinggi. Di mana tekanan air di sana setara dengan gajah yang berdiri di ibu jari Anda.

Lantas bagaimana ikan ini bisa hidup dai laut terdalam, dan bagaimana mereka mencari makanannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dikutip dari Daily Mail, ikan adalah pemangsa teratas di dunia gelap mereka. Mereka bertahan hidup dari krustasea dan udang kecil, di kedalaman yang hampir sama dengan Gunung Everest tingginya.

Periset dari University of Washington's Friday Harbor Laboratories mengatur perangkap umpan untuk ikan tersebut. Dan kemudian harus menunggu empat jam, agar perangkap tersebut tenggelam ke kedalaman tempat ikan tersebut tinggal.

Ikan baru, yang tinggal di palung Mariana dekat Guam di Pasifik selatan ini diberi nama dan dijelaskan dalam jurnal Zootaxa.

Dr Mackenzie Gerringer, penulis utama studi tersebut, mengatakan: "Ini adalah ikan terdalam yang telah ditangkap dari dasar laut, dan kami sangat bersemangat untuk memberikan nama resmi. Mereka tidak terlihat sangat kuat atau kuat untuk hidup di lingkungan yang sangat ekstrem, tapi mereka sangat sukses."

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana ikan ini dapat hidup, di bawah tekanan air yang intens. Tekanan pada kedalaman itu, mirip dengan gajah yang berdiri di ibu jari Anda.

Terlebih ada banyak kejutan menunggu di kedalaman itu. Sungguh menakjubkan melihat apa yang tinggal di sana. Mereka menganggap palung Mariana sebagai lingkungan yang keras dan ekstrem bagi, tapi ada banyak organisme yang hidup sangat bahagia di sana.

Selama penelitian, para ilmuwan mengumpulkan 37 spesimen spesies baru dari kedalaman sekitar 6.900 meter sampai 8.000 meter di sepanjang palung.

Yang terdalam yang mereka rekam adalah 8.137 meter. Sebagai perbandingan, gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, berada pada 8.848 meter.

Analisis DNA dan pemindaian 3D untuk menganalisis struktur kerangka dan jaringan, membantu peneliti menentukan bahwa mereka telah menemukan spesies baru.

KEHIDUPAN DALAM PALUNG MARIANA


Palung laut adalah beberapa habitat yang paling tidak bersahabat di bumi. Tekanan di sini lebih dari 1.000 kali di atas permukaan, dan suhu air di atas titik beku.

Tidak ada sinar matahari menembus palung laut terdalam, membuat fotosintesis menjadi tidak mungkin. Organisme yang hidup di palung laut telah berevolusi, dengan adaptasi yang tidak biasa.

Secara umum, kehidupan di parit samudera gelap terisolasi dan lamban. Pada bulan Desember 2014, sebuah rekor baru ditetapkan untuk ikan terdalam yang pernah ada di dunia, pada kedalaman yang luar biasa dari 8.145 meter.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar