Kepiting dengan Capit Sekuat Gigitan Singa Ternyata Berburu Burung

shares

Kepiting kelapa makan burung.
Mendengar kata kepiting pikiran kita pasti akan tertuju hidangan yang lezat, yang berasal dari hewan laut ini. Meskipun memiliki cangkang yang keras, daging kepiting sangat lezat dan juga gurih.

Maka tidak heran jika kepiting banyak sekali disukai orang-orang. Namun tahukah Anda, jika ada beberapa jenis kepiting yang tidak hidup di laut. Mereka bahkan mencari mangsa di daratan, dan memiliki tubuh yang besar.

Itulah kepiting kelapa, yang memang bisa berukuran sebesar kelapa. Saking besarnya, kepiting ini bahkan bisa menghancurkan buah kelapa. Tidak hanya itu saja, kekuatan capitannya pun sangat menyakitkan dan mematikan.

Sebuah video memperlihatkan, seekor kepiting kelapa secara sistematis menguntit, membunuh dan memakan burung. Perilaku ini cukup mengejutkan para ilmuwan, karena serangan ini sangat tidak biasa.

Kepiting yang mematikan ini terlihat memanjat pohon dan merangkak, yang direkam di Kepulauan Chagos terpencil di Samudra Hindia.

Ia kemudian menggunakan cakarnya yang kuat, setara gigitan singa, kepada burung. Kemudian mematahkan sayap dan membuatnya tidak bisa terbang bahkan terjatuh ke tanah.

Crustacean atau hewan bercangkang keras pembunuh itu, kemudian mengikuti burung yang terluka dan berjuang terbang, hingga akhirnya membunuhnya dengan sanga menyakitkan.

Begitu burung itu terbaring tak berdaya di tanah, lima kepiting kelapa lainnya tiba dan merobek-robek burung itu.

Peneliti Mark Laidre dari Dartmouth College, New Hampshire di Amerika, memfilmkan rekaman yang mengerikan ini. Yang memberikan pengetahuan baru terhadap perilaku spesies ini. Dan dia berbicara dengan New Scientist tentang penemuan yang luar biasa.

"Itu sangat mengerikan," kata Mr Laidre.

Laidre sekarang merencanakan sebuah studi lanjutan, untuk menyelidiki apakah bentuk perburuan baru ini tersebar luas di pulau ini.

Kepiting kelapa adalah avertebrata darat terbesar, dengan berat sampai 4 kilogram dengan lebar bisa mencapai satu meter.

Bahkan seorang peneliti Jepang membuktikan tahun lalu, bahwa kepiting kelapa bisa mencubit dengan kekuatan hingga 3.300 newton. Lebih kuat dari krustasea lainnya, dan sebanding dengan gigitan singa.

Loading...

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar