Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Jumat, 19 Januari 2018

Mimpi Buruk Pecinta Sushi, Terinfeksi Cacing Pita Sepanjang 2 Meter

Sushi jadi makanan Jepang yang cukup populer di seluruh dunia. Ada yang disajikan dalam keadaan mentah, namun ada juga yang dalam keadaan matang. Hal ini untuk menghindari dari parasit seperti cacing pita yang ada di dalam daging.

 Cacing pita dari dalam perut
Cacing pita dari dalam perut.
Tidak sedikit orang-orang yang terinfeksi parasit cacing pita, usai memakan sushi mentah seperti sashimi. Hal inilah yang harus menjadi perhatian kita sebagai konsumen, yang senang dengan makanan mentah asal Jepang ini.

Kabar terbaru datang dari seorang pria asal California, yang kerap memakan sushi. Ia telah dilarikan ke ke rumah sakit, usai menemukan cacing pita yang 'bergoyang-goyang' saat dia duduk di toilet.

"Saya tidak benar-benar ingin dirawat karena cacing," penduduk Fresno itu mengatakan kepada dokter, saat dia tiba di ruang gawat darurat di Community Regional Medical Center.

Cerita ini diungkap oleh Dr. Kenny Bahn, di podcast ini Will not Hurt A Bit.

Dia mengatakan, bahwa pasien tersebut dilaporkan dilarikan ruang gawat darurat karena mengeluh diare berdarah. Awalnya Bahn skeptis terhadap klaim cacing pitanya, tapi pria itu menunjukkan bukti kepadanya.

"Saya mengeluarkan gulungan kertas toilet, dan membungkusnya. Cacing pita raksasa yang panjang itu ada di sana," kata Bahn di podcast.

Dokter kemudian mengambil cacing pita yang panjang lebih dari 2 meter tersebut. Menurut Bahn, pria itu merasakan saat cacing itu 'bergoyang-goyang' saat ia duduk di toilet.

Lalu ia mulai mengeluarkan cacing yang mulai bergerak.

Bahn mengatakan bahwa pria itu lega, usai cacing pita keluar dari tubuhnya. Pasien tersebut kemudian diberi obat, untuk membantu membuang sisa cacing pita dari tubuhnya.

Bahn mengatakan dokter bertanya kepadanya apakah dia sudah berada di luar negeri. Tidak, jawabnya. Dia hanya makan salmon mentah hampir setiap hari.

Sebelumnya diduga parasit yang disebut Diphyllobothrium nihonkaiense, yang lebih dikenal sebagai cacing pita, hanya menginfeksi ikan yang tertangkap di Asia.

Saat ikan dimakan mentah menjadi sushi dan sashimi, hal itu bisa menyebabkan infeksi. Dan menyebabkan masalah pencernaan, bahkan masalah di organ hati.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Emerging Infectious Diseases edisi Januari 2017 menyebutkan, bahwa sejumlah kecil salmon liar di Alaska juga dapat terinfeksi oleh parasit tersebut.

BAGAIMANA MANUSIA BISA TERINFEKSI CACING PITA


Manusia bisa terinfeksi cacing pita dengan mengonsumsi ikan mentah, yang telah terinfeksi cacing pada stadium larva. Begitu manusia terinfeksi, cacing pita akan tumbuh di dalam usus sampai panjang 15 meter.

Mereka bisa bertahan selama bertahun-tahun, dan tidak terdeteksi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Pada gilirannya melepaskan telurnya sendiri, yang menginfeksi bagian lain tubuh manusia.

Gejalanya meliputi kelelahan, konstipasi dan ketidaknyamanan perut. Jika larva mulai bermigrasi ke bagian tubuh lain, mereka bisa menginfeksi hati, mata, jantung atau otak dan menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

0 Komentar Mimpi Buruk Pecinta Sushi, Terinfeksi Cacing Pita Sepanjang 2 Meter

Posting Komentar

loading...
Back To Top