Fenomena Langka, Sungai Batu Hebohkan Warganet Dunia

Sungai identik dengan aliran air baik deras maupun tidak. Tetapi ada beberapa fenomena di dunia ini yang cukup langka, seperti sungai pasir, sungai lahar dan yang terbaru sungai batu. Dan fenomena ini cukup menghebohkan warganet dunia.

Fenomena langka sungai batu
Fenomena langka sungai batu.
Aliran sungai batu ini berhasil direkam, dan kemudian diunggah ke media sosial. Dalam video yang luar biasa ini menunjukkan, sebuah sungai batu yang mengalir di sebuah jurang di Selandia Baru.

Fenomena langka yang dikenal sebagai 'granular flow' itu, difilmkan di Terrible Gully dekat Canterbury. Layaknya air, batu-batu ini juga bergerak cukup deras dan tentunya berbahaya. Lantas apa yang membuat fenomena langka tersebut terjadi?

Hal ini usai terjadinya badai tropis, yaitu Topan Gita. Itu terjadi ketika batu dengan ukuran yang sama, dalam hal ini greywacke, turun bersamaan dalam jumlah besar dari lereng, yang menyebabkannya bergerak seperti cairan.

Aliran granular sebenarnya cukup umum, menurut ahli geologi Dave Petley dari University of Sheffield.

Dia menjelaskan dalam sebuah posting blog: "Intinya kerikil berperilaku sebagai partikel, memungkinkan perilaku yang mirip dengan cairan. Tentu saja kepadatan fluida agak lebih tinggi daripada cairan yang lebih dikenal, seperti air, dan partikelnya berkali-kali lebih besar. Namun sungai batu masih mampu menghasilkan semacam struktur aliran yang kita lihat di dalamnya. air."

Video tersebut difilmkan oleh Donna Field of Cleardale Station, yang memberi tahu Stuff.com: "Benar-benar keras [dan] terdengar seperti ketika truk kerikil mengeluarkan semua muatannya."

Greywacke, bentuk batu pasir, mudah terkikis dalam kejadian cuaca ekstrem.

Baca Juga: Masukkan Air Garam ke Dalam Lubang, Hewan Ini Muncul

Loading...

Februari 26, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Fenomena Langka, Sungai Batu Hebohkan Warganet Dunia.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar